Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Hallo Kawan......Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari permukaan laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sanskerta untuk "Kepala Langit") dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ("Bunda Semesta"), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng).

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

Gunung Everest
Gunung Everest

Radhanath Sikdar, juru ukur dan pakar matematika dari Bengal, merupakan orang pertama yang menyatakan Puncak Everest sebagai puncak tertinggi melalui perhitungan trigonometrik pada 1852. Perhitungan ini dilakukan menggunakan teodolit dari jarak 150 mil jauhnya di India. Sebagian rakyat India percaya bahwa puncak tersebut semestinya dinamakan menurut Sikdar, bukan Everest.

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m; walaupun terdapat variasi dari segi ukuran (baik pemerintah Nepal maupun Tiongkok belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.

Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras laut. Dua gunung lain yang kadangkala juga disebut sebagai "gunung tertinggi di dunia" adalah Mauna Loa di Hawaii, yang tertinggi jika diukur dari dasarnya pada dasar tengah laut, tetapi hanya mencapai ketinggian 4.170 m atas paras laut dan Gunung Chimborazo di Ekuador, yang puncaknya 2.150 m lebih tinggi dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest , karena Bumi mengembung di kawasan khatulistiwa. Bagaimanapun juga, Chimborazo hanya mencapai ketinggian 6.272 m di atas paras laut, sehingga bahkan bukan merupakan puncak tertinggi di Andes.

Dasar terdalam di lautan lebih dalam dibandingkan ketinggian Everest: Challenger Deep, terletak di Palung Mariana, begitu dalam hingga seandainya gunung Himalaya diletakkan di dalamnya, masih terdapat hampir 1,6 km air menutupinya.

Gagasan menggambar gunung yang terperinci seperti Gunung Everest mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan pada awalnya. Tapi saat kita memecahnya menjadi beberapa langkah, itu sangat sederhana, bahkan ini mungkin cara termudah yang Anda temukan.... Mari kita gunakan pensil 2H atau yang lain  untuk membuat sketsa di beberapa garis panduan dasar. Mari kita nikmati langkah demi langkah simpel berikut ini dengan santai.....

Langkah 1. Pertama, gambar garis horizontal di bagian bawah halaman kita. Ini akan menjadi garis panduan kita, walaupun kita sebenarnya tidak membutuhkan dan akan menghapusnya, ini diperlukan sebagai garis panduan. Jauh di atas garis horizon, sketsa puncak gunung berbentuk segitiga, teruskan bentuk sebagai garis lurus di sepanjang sisi kiri halaman. Ilustrasi kami berasal dari sisi selatan gunung.
Langkah 1. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 1. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 2. Sekarang setelah garis pemandu ada, mari kita sketsa medan latar depan. Latar depannya harus berbatu dan terbebas dari salju. Kita harus memiliki dua lereng dangkal yang menurun di tengah halaman. Medan latar depan tidak boleh naik di atas garis horizon.
Langkah 2. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 2. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 3. Di balik perbukitan dangkal ini sebaiknya medannya lebih berbatu dengan bukit-bukit kecil yang tersebar di semua tempat. Sekali lagi, pastikan bukit-bukit ini tidak naik di atas garis horizon. Bukit-bukit ini seharusnya tidak sampai ke kanan halaman.
Langkah 3. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 3. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 4. Gambarlah kemiringan tinggi di sisi kanan halaman. Ini harus menjadi garis lurus diagonal lurus dan jatuh ke bukit yang kita buat pada langkah 3. Tariklah beberapa garis diagonal di sisi lereng.
Langkah 4. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 4. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 5. Setelah latar depan kita selesai, mari mulai bekerja di Gunung Everest itu sendiri. Dasar gunung memiliki beberapa gunung yang lebih pendek yang menabrak sisinya. Gambarlah gunung pertama di balik tepi lereng yang kita tarik pada langkah 4. Harus memiliki puncak yang tajam dan berbentuk segitiga. Gunung ini sangat berbatu dan bergerigi.
Langkah 5 Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 5 Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 6. Selanjutnya, tarik beberapa bongkahan salju ke kiri gunung kecil ini. Harus ada sepetak batu di antara dua bongkahan salju yang membulat.
Langkah 6. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 6. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 7. Di atas salju, seharusnya ada bagian runcing lain dari gunung. Bagian ini harus sangat berbatu dengan banyak garis vertikal pendek di sisinya. Puncaknya jangan sampai melewati garis pemandu gunung yang kami buat pada langkah 1.
Langkah 7. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 7. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 8. Gambarlah lebih banyak tebing dan bebatuan besar di sebelah kiri salju. Perhatikan bagaimana sisi kiri bagian gunung ini terputus oleh garis bergerigi dimana batu telah hancur seiring berjalannya waktu.
Langkah 8. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 8. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 9. Harus ada lereng panjang di dasar gunung yang berangsur-angsur naik menuju tepian salju.
Langkah 9. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 9. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 10. Kita sekarang bisa menggambar puncak gunung. Sekali lagi, itu perlu tampilan sangat berbatu dan bergerigi. Puncaknya memiliki titik tajam di tengah halaman. Ini meluncur ke kanan di mana ia memenuhi bagian batuan vertikal sebelum meluncur turun lebih banyak lagi karena mencapai sisi kanan halaman. Di sebelah kanan puncak harus mengalami penurunan berbatu bertahap yang berakhir tepat di atas bagian horizontal garis panduan kami.
Langkah 10. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 10. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 11. Sisi kiri gunung turun dan menjadi garis diagonal yang sangat halus. Ini memang membutuhkan bagian yang bagus dari bebatuan besar di bagian atas.
Langkah 11. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 11. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 12. Sekarang bentuklah dasar gunung ditarik keluar, kembali dengan pensil yang tajam dan menarik tebing dan tepian dan pola batu di sisi gunung. Perhatikan bagaimana tekstur di dekat puncak sebagian besar terdiri dari garis horizontal dengan beberapa lereng vertikal, namun ada garis vertikal yang lebih banyak saat kita menuruni sisi gunung. Harus ada garis bergerigi panjang di dekat sisi kiri pangkal gunung.
Langkah 12. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 12. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 13. Ini adalah ide bagus untuk menarik tepi garis salju, karena salju tidak sampai ke tanah. Tepi salju harus naik tinggi di sisi kanan halaman, dan rendah di sebelah kiri. Ini bukan garis lurus atau padat, melainkan garis berlekuk-liuk disertai potongan salju yang terpisah.
Langkah 13. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 13. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 14. Gunung Everest sangat tinggi dan sering memiliki awan mengelilinginya. Kami tidak ingin menutupi gambar kami dengan awan, jadi hanya menggambar beberapa awan kecil yang melayang di bawah puncak. Ini akan memberi kesan tentang seberapa tinggi gunung itu.
Langkah 14. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 14. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 15. Sekarang tingkatkan citra sketsa dengan tinta . Anda bisa menggunakan tinta kuas dan tinta India, atau Micron. Jadilah orang yang sabar dan pastikan untuk secara tidak sengaja memasukkan garis panduan yang tidak dibutuhkan. Saat tinta sudah kering, hapus pensil bekas dengan penghapus.
Langkah 15. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 15. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 16. Mari tambahkan bayangan untuk memberi gambar lebih dalam. Tetapkan sumber cahaya Anda, dan dalam hal ini datang dari sisi kanan halaman. Kuas kering bekerja bagus untuk menaungi sisi pegunungan. Sikat kering adalah saat Anda mencelupkan kuas ke dalam tinta dan kemudian menyeka sebagian besar tinta sehingga sikatnya hampir kering. Ini menciptakan tekstur yang hebat yang tidak dapat dicapai dengan cara lain. Jika Anda tidak dapat menggunakan sikat kering, cukup lakukan yang terbaik untuk menaungi sisi kiri setiap lereng dan batu.
Langkah 16. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 16. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Langkah 17. Anda sudah mengerjakan cukup banyak, sketsa sudah selesai   ! Jika Anda perlu melakukan koreksi, Anda bisa menggunakan cat putih atau cat putih buram. Anda juga bisa menggunakannya untuk menambahkan pencahayaan, atau Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan tekstur tambahan ke area yang teduh dengan menggunakan teknik sikat kering sekali lagi.
Langkah 17. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest
Langkah 17. Cara Termudah Menggambar Gunung Everest

Inilah cara Anda menggambar gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest! Tentu Anda senang dengan kegiatan  ini. Silakan menikmati sajian super praktis kami lainnya :
Juga tutorial super mudah menggambar pemandangan alam yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel