Super Cepat Menggambar Hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas.

Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Jadi, tentu berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas.

Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya. Jika kita berada di hutan hujan tropis, rasanya seperti masuk ke dalam ruang sauna yang hangat dan lembap, yang berbeda daripada daerah perladangan sekitarnya. Pemandangannya pun berlainan. Ini berarti segala tumbuhan lain dan hewan (hingga yang sekecil-kecilnya), serta beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan.

Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan. Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat tumbuhnya berbagai tanaman.

Bagaimana Menggambar Hutan ?

Tenang saja Kawan....dengan senang hati kami sajikan tutorial super cepat menggambar hutan. Di benak saya terilustrasi pemandangan hutan di bawah ini.

Ilustrasi Hutan
Ilustrasi Hutan

Nah....dari gambar ilustrasi hutan di atas, saya akan menguraikan menjadi langkah demi langkah mudah untuk menggambarnya. Mari kita nikmati dengan senang hati...

Langkah 1. Mulailah langkah ini dengan menggambar lapisan luar pohon hutan masif. Mulai dari atas, dan turunkan. Cabang di hutan belukar biasanya lebih tebal dan lebih kuat. Tambahkan beberapa jamur pohon ke sisi kulit kayu, lalu letakkan bagian bawah batang atau akar di atas tanah.

Langkah 1.Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 1.Super Cepat Menggambar Hutan 

Langkah 2. Sketsa pohon lebih rinci yaitu kulit kayu, lalu sketsa lumut yang ada di bagian bawah pohon dan di akar.

Langkah 2.Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 2.Super Cepat Menggambar Hutan 

Langkah 3. Selanjutnya, mari kita sketsa beberapa dedaunan tanah seperti daun pakis besar, dan rumput tinggi seperti pakis. Lanjutkan sketsa daun ini sampai mengisi bagian bawah tanah.

Langkah 3. Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 3. Super Cepat Menggambar Hutan 

Langkah 4. Selanjutnya, sketsa lebih detail semua daun seperti di bawah, dan gambar lebih banyak dari permukaan dasar. Anda juga bisa mulai menambahkan beberapa kehidupan liar yang Anda inginkan seperti burung, reptil atau serangga.

Langkah 4. Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 4. Super Cepat Menggambar Hutan 

Langkah 5. Sekarang Anda akan mulai membuat sketsa kaki bukit yang nampak jauh dan perhatikan bagaimana beberapa dari mereka memiliki garis halus dan yang lainnya memiliki garis bergelombang atau berkerut.

Langkah 5. Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 5. Super Cepat Menggambar Hutan 

Langkah 6. Untuk langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menggambar sisa kaki bukit di jarak yang jauh dan kemudian menggambar rawa gantung rendah seperti tanaman merambat. Bersihkan gambar dan kemudian mari kita lihat bagaimana tampilannya.

Langkah 6. Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 6. Super Cepat Menggambar Hutan 

Langkah 7. Lihatlah betapa hebatnya sketsa gambar tema hutan Anda.

Langkah 7. Super Cepat Menggambar Hutan
Langkah 7. Super Cepat Menggambar Hutan 

Jangan lupa untuk mewarnai gambar Anda dengan sempurna, dan kemudian tambahkan beberapa binatang juga agar makin artistik melebihi gambar paling atas.....!? Silakan menikmati tutorial super simpel menggambar pemandangan yang lainnya :

Dan tutorial super cepat lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel