Biografi Widayat dan Lukisannya.

Widayat dilahirkan tanggal 9 Maret 1919 di Kutoarjo, Jawa Tengah. Ibunya seorang pembatik, dan karena itu Widayat akrab dengan dunia lukisan. Setelah tamat HIS (Hollandsche Inlandsche School, Sekolah Belanda) di Trenggalek tahun 1937, ia pindah dan melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan di Bandung, Jawa Barat, serta bertemu dengan pelukis Mulyono. Setiap Minggu Widayat belajar melukis dari Mulyono. Dari tahun 1939 hingga 1942 Widayat bekerja di Palembang sebagai juru ukur pegawai kehutanan. Setelah itu bekerja sebagai juru gambar membuat peta rel kereta api Palembang. Tahun 1945 ia bergabung dengan PMC (Penerangan Militer Chusus), dengan pangkat Letnan Satu dan selanjutnya bergabung dengan divisi Garuda Sumatera Selatan tahun 1945-1947, sebagai Pimpinan Seksi Penerangan. Seksi militer ini membuat Widayat bisa meneruskan kembali kerja lukisnya melalui publikasi poster perjuangan.

Potret Widayat

Tahun 1950 Widayat masuk dan menjadi salah satu dari 45 mahasiswa ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) pertama yang di terima di lembaga baru tersebut. Dia mendapat rekomendasi dari Kantor Urusan Demobilisasi Pelajar (KUDP) yang berkaitan dengan jasanya sebagai prajurit di Sumatera Selatan (1945-1947).Tahun 1954 Widayat dapat menyelesaikan studi-nya dan bersama-sama rekan seangkatannya yakni Sayoga, G. Sidharta, Murtihadi dan Suhendra mendirikan PIM (Pelukis Indonesia Muda) di Yogyakarta. Sambil aktif di PIM, Widayat mengajar di ASRI.Tahun 1960, Widayat belajar ke Jepang hingga tahun 1962 untuk memperdalam bidang seni keramik, ikebana, pertamanan (gardening) dan grafis. Begitu kembali ke Yogyakarta, ia ditunjuk sebagai Ketua Jurusan Seni Dekorasi (kini bernama Disain Ruang Dalam) dari tahun 1962-1983. Widayat menjelajah wilayah seni patung, kriya dan mixed media, juga melakukan pameran di berbagai tempat dan mendapat berbagai macam penghargaan.

Widayat mendirikan museum pribadi-nya tahun 1994 di Kota Mungkid Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Widayat wafat dalam usia 83 tahun, pada tanggal 22 Juni 2002.

Berikut kami tampilkan Lukisan Karya Widayat :

Lukisan Karya Widayat dengan Judul Kuda
Lukisan Karya Widayat dengan Judul Kuda

Lukisan Karya Widayat dengan Judul Mount Merapi Seen from Wonocolo
Lukisan Karya Widayat dengan Judul Mount Merapi Seen from Wonocolo

Lukisan Karya Widayat dengan Judul Pergi ke Pasar
Lukisan Karya Widayat dengan Judul Pergi ke Pasar

Demikian Biografi Widayat  dan Lukisannya ini semoga menambah daya kreasi dan semangat kita untuk berkarya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel