Menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar)

Hallo Kawan, dengan gembira saya hadirkan Tutorial menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD, sebagai media kegiatan belajar menggambar yang menyenangkan karena langkah demi langkahnya sangat sederhana. Juga sebagai media pengembangan daya imajinasi anak dengan sistematis yang kelak bisa dikembangkan pada profesi arsitektur.

Bentuk rumah di benak saya adalah seperti gambar di bawah ini :

Tutorial menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Ilustrasi gambar rumah

Rumah yang sederhana namun sangat mempesona dengan pemandangan alam di sekitarnya. Dua pohon apel yang sedang berbuah sungguh pemandangan yang menyejukkan. Deretan tanaman bunga di depan rumah nampak asri semakin menebar pesona. Gundukan lembah menghijau menyejukkan mata memandang. Semakin sempurna pesona rumah ini dengan pemandangan di atasnya (gumpalan awan, pesawat dan matahari bersinar).

Dari ilustrasi gambar rumah di atas, mari kita menikmati langkah demi langkah menggambarnya :

Langkah 1. Mulailah sketsa dengan menggambar bentuk kombinasi segitiga dan segiempat dan bentuk segiempat terpotong yang menempel pada sketsa atap seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Tutorial menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Memulai sketsa dengan menggambar bentuk kombinasi segitiga dan segiempat dan bentuk segiempat terpotong yang menempel pada sketsa atap

Langkah 2. Sempurnakan bentuk rumah dengan menambahkan 2 jendela dan 1 pintu seperti di bawah ini.
Tutorial Menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar) dengan mudah
Menyempurnakan bentuk rumah dengan menambahkan 2 jendela dan 1 pintu

Langkah 3. Sekarang, gambarlah ruangan tambahan di samping rumah, bisa dianggap sebagai garasi.
Tutorial menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Menggambar ruangan tambahan di samping rumah, bisa dianggap sebagai garasi

Langkah 4. Gambarlah berbagai pemandangan alam di sekitar rumah (dua pohon apel yand sedang berbuah, dua gundukan bukit, dan jalan menuju pintu rumah).
Menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar) dengan mudah
Menggambar berbagai pemandangan alam di sekitar rumah (dua pohon apel yand sedang berbuah, dua gundukan bukit, dan jalan menuju pintu rumah)

Langkah 5. Lengkapi dengan menggambar deretan tanaman bunga di depan rumah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Tutorial menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Menggambar deretan tanaman bunga di depan rumah

Langkah 6. Sempurnakan pesona rumah ini dengan menggambar gumpalan awan, pesawat terbang dan matahari bersinar.
Menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar) dengan mudah
Menggambar gumpalan awan, pesawat terbang dan matahari bersinar

Okkay Kawan, langkah demi langkah menggambar sudah selesai, sekarang mari kita mewarnainya agar rumah kita makin mempesona.Tentang cara mencampur warna, silakan membaca ARTIKEL INI.

Atap rumah kita beri warna coklat kemerahan (jika dengan cat air/minyak, campurkan sedikit warna merah pada warna coklat). Atap ruang tambahan dengan warna coklat. Dinding rumah kita beri warna krem kemerahan (jika dengan cat air/minyak, campurkan sedikit warna merah pada warna krem). Dua pohon apel kita beri warna hijau dan kuning kehijauan. Untuk mendapatkan warna kuning kehijauan, jika dengan cat air/minyak campurkan sedikit warna hijau pada warna kuning. Deretan tanaman bunga di depan rumah kita beri warna merah dan pink untuk bunganya, kuning untuk daunnya, dan coklat untuk batangnya.
Tutorial menggambar dan mewarnai rumah untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Hasil gambar setelah diwarnai
Jalan masuk pintu rumah dengan warna abu-abu muda (jika dengan cat air/minyak, campurkan sedikit warna putih pada warna abu-abu). Gundukan bukit dengan warna hijau (saya sarankan warna hijaunya jangan sama dengan warna hijau pohon atau bunga agar nampak kontras). Gumpalan awan berwarna putih, jadi tidak usah diwarnai. Pesawat terbang dengan warna coklat muda dan biru laut. Matahari dengan warna kuning cerah dan kuning kecoklatan. Langit tentu dengan warna biru. Untuk warna bagian rumah yang belum saya sebutkan, silakan melihat gambar saja. Anda boleh mencoba warna lainnya sesuai imajinasi Anda. 

Demikian tutorial menggambar rumah sederhana untuk anak SD(Sekolah Dasar) ini. Silakan mengunjungi aneka tutorial praktis lainnya untuk mengembangkan daya imajinasi Anda juga sebagai sarana kegiatan menggambar untuk anak yang menyenangkan.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel