Menggambar rumah moderen bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar)

Hallo Kawan, kali ini saya hadirkan tutorial menggambar rumah bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar) sebagai media kegiatan belajar menggambar yang praktis. Tahap demi tahap saya paparkan secara global, tidak secara rinci sebagaimana menggambar rumah untuk anak usia dini/TK. Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai pemicu tumbuhkembang daya kreasi, imajinasi dan daya nalar anak sehingga akan berpengaruh pada masa depan anak ketika dewasa kelak.

Bentuk rumah yang kita jadikan media belajar adalah seperti gambar di bawah ini.
Ilustrasi gambar rumah
Rumah ini berdesain cukup moderen, berpadu dengan desain klasik yang ditandai dengan pintu bergapura, demikian juga dengan adanya bentuk ornamen bergapura pada atapnya. Nampak 2 jendela di kiri kanan pintu. Sebuah pohon rindang meneduhkan suasana. Bentuk jalan menuju pintu rumah yang berbatu di kedua sisinya menambah asri pemandangan ini. Deretan pagar berbentuk klasik makin padu dengan desain rumah bergapura ini.

Okkay.....dari ilustrasi gambar rumah di atas, kita jabarkan langkah demi langkah menggambarnya berikut ini.

Langkah 1. Sketsa awal, gambarlah bentuk mirip segiempat sebagai sketsa atap rumah dan berilah bentuk cerobong asap seperti gambar di bawah ini.
Tutorial menggambar rumah moderen bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Menggambar bentuk mirip segiempat sebagai sketsa atap rumah dan berilah bentuk cerobong asap

Langkah 2. Lanjutkan sketsa dengan menggambar bagian/ornamen rumah yang lain secara lengkap antara lain : dinding yang berpintu gapura dan 2 jendela di samping pintu tersebut, bentuk ornamen bergapura pada atap. Sampai pada langkah ini bentuk rumah Anda sudah selesai, tinggal menambah ornamen pendukung di luar rumah pada langkah selanjutnya.
Tutorial menggambar rumah moderen bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Menggambar bagian/ornamen rumah yang lain secara lengkap antara lain : dinding yang berpintu gapura dan 2 jendela di samping pintu tersebut, bentuk ornamen bergapura pada atap

Langkah 3. Kita mulai menggambar pemandangan luar rumah, bagian atas rumah kita hiasi dengan 3 bentuk gumpalan awan.
Tutorial menggambar rumah moderen bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Menggambar 3 bentuk gumpalan awan di atas rumah

Langkah 4. Sekarang, sempurnakan pemandangan luar rumah ini dengan menggambar daratan(2 bentuk garis horisontal di samping rumah), pohon, jalan masuk rumah(berbentuk 2 garis panjang berlekuk dengan beberapa oval tak beraturan di kanan kirinya) dan deretan pagar berbentuk segiempat berujung lancip yang saling terhubung.
Tutorial menggambar rumah moderen bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Menggambar daratan(2 bentuk garis horisontal di samping rumah), pohon, jalan masuk rumah(berbentuk 2 garis panjang berlekuk dengan beberapa oval tak beraturan di kanan kirinya) dan deretan pagar berbentuk segiempat berujung lancip yang saling terhubung

Yesss.....tahap demi tahap menggambar rumah sudah selesai dengan langkah simpel. Jika anak sering berlatih maka daya kreasi anak akan berkembang pesat dan mampu menuangkan dalam bentuk gambar dengan cepat. Akan lebih artistik jika rumah ini diwarnai seperti gambar di bawah ini.

Atap rumah berwarna merah. Dinding berwarna putih bersemu abu-abu(jika dengan cat air/minyak campurkan sedikit saja warna abu-abu pada warna putih). Warna jendela hampir sama dengan warna dinding cuma agak merah(jika dengan cat air/minyak campurkan sedikit saja warna merah pada warna yang dipakai untuk dinding). Gordyn jendela dengan warna ungu cerah. Pintu berwarna coklat muda dengan bingkai berwarna coklat. Pohon berdaun hijau muda dengan batang coklat muda. 
Tutorial menggambar rumah moderen bergapura untuk anak SD (Sekolah Dasar)
Gambar rumah setelah diwarnai
Jalan masuk pitu rumah berwarna abu-abu dengan bebatuan di kanan kiri berwarna abu-abu cerah(jika dengan cat air/minyak campurkan warna putih pada warna yang dipaki untuk jalan, semakin banyak campuran putihnya maka makin cerah warnanya). Deretan pagar rumah berwarna coklat. Daratan berwarna hijau sedang. Gumpalan awan berwarna biru agak gelap(jika dengan cat air/minyak campurkan sedikit saja warna abu-abu pawa warna biru, semakin banyak campuran warna abu-abu maka semakin gelap warna birunya). Langit berwarna biru baby(jika dengan cat air/minyak campurkan sedikit watna putih pada warna biru).

Untuk cara mencampur warna silakan membaca artikel ini.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi Anda juga anak Anda. Silakan mengunjungi tutorial menggambar rumah untuk anak SD yang lainnya :
Juga tutorial simpel menggambar rumah untuk anak SD lainnya.

Untuk anak usia dini/TK silakan mengunjungi tutorial dengan langkah demi langkah yang lebih rinci seperti di bawah ini :
Mungkin tutorial ini bisa Anda pakai untuk anak SD jika mereka merasa kesulitan memahami langkah-langkah secara global.

Dan masih banyak tutorial serba simpel yang menanti kunjungan Anda. Terimakasih atas kehadirannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel