Cara Membuat Kerajinan Tangan Dengan Teknik Makrame

Pengertian Makrame

Kata makrame berasal dari bahasa Turki. Dengan tulisan Ma-kra’ma atau Miqramah. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa makrame adalah bentuk suatu kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rangkaian benang pada awal atau akhir suatu tenunan, dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai. 

Sedangkan menurut Bandi Soban, mengungkapkan bahwa makrame adalah kerajinan tangan simpul-menyimpul dengan menggunakan berbagai macam benang. Selain itu, Cut Kamaril (2002: 4.73) mengungkapkan bahwa makrame adalah membuat hiasan atau benda pakai yang menggunakan bahan tali-temali dengan teknik pilin, anyam atau simpul.

Banyak jenis kerajinan makrame yang sepenuhnya merupakan kegiatan ikat mengikat yang tidak untuk mengikatkan ujung sesuatu tenunan seperti yang semula dilakukan. Di antara jenis-jenis kerajinan simpul atau makrame yang sering kita lihat adalah hasil karya berupa: ikat pinggang, penghias gerabah atau keramik, tas, hiasan dinding, keranjang untuk menggantung tanaman, gorden, gelang, topi, rompi, taplak meja dan sebagainya. Pokoknya demikian banyak benda yang dapat dibuat dengan teknik makrame atau menyimpul.

Jadi kesimpulannya makrame adalah kerajinan membuat hiasan atau benda pakai yang menggunakan bahan tali-temali dengan teknik pilin, anyam atau simpul. Membuatnyapun sederhana dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya yang mahal. Membuat makrame harus membutuhkan ketelitian dan ketrampilan yang membuat kita menjadi lebih kreatif. Warna-warna dari talinya membuat kerajinan ini lebih terlihat menarik.

Simpul-simpul Dasar Makrame

Selanjutnya untuk keperluan latihan awal belajar makrame, di bawah ini akan disajikan beberapa simpul dasar yang mendasari bentuk-bentuk karya yang disebutkan di atas. Sebelum berlatih menyimpul, siapkan dulu tali yang ukurannya sesuai kebutuhan. Diusahakan tali yang dipakai memiliki sifat lentur atau tidak kaku,mungkin bisa dipakai jenis tali kur yang sudah banyak di pasaran. Beberapa jenis simpul dasar antara lain: 

1. Simpul Kepala.

Untuk ini diperlukan tali yang direntangkan sebagai tempat menyimpulkan simpul kepala. Simpul-simpul ini dibuat berulang dengan jumlah sesuai kebutuhan.
Simpul Kepala
Simpul Kepala

2. Simpul rantai.

Untuk simpul ini tali-tali itu membentuk sebuah rantai.
Simpul Rantai
Simpul Rantai

3. Simpul Mati.

Dalam bahasa Sunda simpul mati disebut “cangreud mulang” sebaliknya simpul hidup disebut dengan istilah “tali sorog”. Dikatakan simpul mati ikatannya kuat sehingga susah dibuka, sedangkan simpul hidup ikatannya cukut kuat, tetapi sangat mudah untuk dibuka kembali.
Simpul Mati
Simpul Mati

4. Simpul Tunggal.

Perhatikan baik-baik simpul tunggal ini) sebab apabila diikuti langkah-langkahnya dengan menggunakan tali yang telah dipersiapkan, langkah-langkah itu sederhana saja. Hasil simpulannya akan tampak seperti tangga. Variasi bentuk dapat diputar kekiri atau kekanan. Sebaiknya lakukan percobaan simpul ini untuk menghasilkan variasi yang menarik.
Simpul Tunggal
Simpul Tunggal

5. Simpul Ganda.

Ikuti langkah membuat simpul ganda dengan menyiapkan dua utas tali yang berbeda warnanya, agar jalinan kedua utas tali itu tampak jelas. Variasi simpul ganda dapat dilihat pada gambar di Bawah ini,.  
Simpul Ganda
Simpul Ganda

Sedangkan pada gambar bawah ini kita dapat melihat gabungan antara dua macam simpul.
Gabungan antara 2 macam simpul
Gabungan antara 2 macam simpul

6.  Simpul Gordin.

Simpul ini dibuat untuk membuat variasi ikatan, merupakan deretan simpul yang hampir menyerupai garis yang bergandengan terputus-putus. Simpul ini dapat dibuat dalam berbagai variasi, diantaranya: vertikal, diagonal dan 5 horizontal. Kegunaan simpul diperuntukan untuk membuat variasi ikatan dalam membuat gordin, tirai, atau partisi ruang.
Simpul Gordin
Simpul Gordin

KESIMPULAN

Makrame adalah kerajinan membuat hiasan atau benda pakai yang menggunakan bahan tali-temali dengan teknik pilin, anyam atau simpul. Simpul – simpul dasar makrame yaitu, simpul kepala, simpul mati, simpul rantai, simpul tunggal, simpul ganda, dan simpul gordin.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat. Silakan menikmati pembahasan yang lainnya.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel