DEFINISI SENI RUPA 3 DIMENSI

Karya seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki demensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh karya seni rupa 3 dimensi diantaranya adalah : seni kriya, seni patung, seni keramik, seni arsirtektur dan berbagai desain produk.

Selain sebagai benda hias, karya seni rupa 3 dimensi juga sebagai benda pakai yang memiliki nilai praktis sekaligus nilai keindahan. Misalnya pada sebuah kursi yang berfungsi sebagai tempat duduk sekaligus sebagai fungi keindahan berupa ukiran yang ada pada kursi tersebut.

Seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memerlukan ruang, karena memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Karena seni rupa 3 dimensi tidak mempunyai bidang datar dan tidak datar, sehingga penempatannya berdiri lepas artinya tidak tergantung pada dinding sebagai dasarnya. Sebagai contoh : patung, seni bangunan (arsitektur) dan seni terapan misalnya perabotan rumah tangga.

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi.

Jenis karya seni rupa 3 dimensi dapat dilihat dari fungsi karya seni tersebut. Dilihat dari fungsinya karya seni rupa 3 demensi dibedakan menjadi karya yang mempunyai fungsi pakai (seni rupa terapan atau applied art) dan karya seni rupa yang hanya memiliki fungsi ekspresi saja (seni rupa murni atau pure art).

Karya seni rupa sebagai benda pakai yang memiliki nilai praktis dibuat dengan pertimbangan kegunannya.

Perbedaan fungsi karya seni rupa 3 dimensi berdasarkan tujuan pembuatannya.

1. Karya seni rupa 3 dimensi murni.

Karya seni rupa ini tidak memperhatikan unsur praktis atau unsur kegunaannya, tetapi hanya memperhatikan kreatifitas dan ekspresi. Karya seni rupa murni sebagai keindahan karya manusia yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya saja.

Contoh karya seni rupa 3 dimensi murni adalah :

  • Seni patung, merupakan merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berbentuk 3 dimensi. Bahan yang digunakan untuk membuat patung diantaranya kayu, batu dan logam.
Patung Jendral Sudirman, Contoh karya seni rupa 3 dimensi murni
Patung Jendral Sudirman, Contoh karya seni rupa 3 dimensi murni
  • Benda hias, yaitu seni kriya yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan.  Jenis ini lebih menonjolkan aspek hiasan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya. Sebagai contoah hiasan dinding dan benda-benda kerajinan untuk menghias ruangan seperti topeng dan vas bunga.
Vas bunga;contaoh karya seni 3 dimensi sebagai benda hias atau pajangan
Vas Bunga

2. Karya seni rupa 3 dimensi terapan.


Karya seni ini dibuat untuk tujuan fungsional atau untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis. Karya seni rupa sebagai benda pakai yang memilliki nilai praktis dibuat dengan pertimbangan kegunaannya dan juga keindahannya.

Kursi ukir; contoh karya seni rupa 3 dimensi terapan
Kursi ukir; contoh karya seni rupa 3 dimensi terapan

Dengan demikian bentuk benda atau karya seni rupa tersebut akan semakin indah dilihat dan semakin nyaman digunakan. Sebagai contaoh perabotan rumah tangga, sperti meja, kursi dan lemari.

Semoga pembahasan tentang definsi seni rupa 3 dimensi ini menambah pengetahuan kita. Silakan menyimak pembahasan menarik yang lainnya.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel