Jenis Rok Menurut Panjang Dan Bentuk/Siluet

Rok merupakan bagian pakaian yang dipakai mulai dari pinggang melewati panggul sampai ke bawah sesuai dengan keinginan. Biasanya rok dipakai sebagai pasangan blus. Desain rok cukup bervariasi baik dilihat dari ukuran panjang rok maupun dari siluet rok.

Berdasarkan ukuran panjangnya, rok dapat dibagi atas :

1. Rok Micro, yaitu rok yang panjangnya sampai batas pangkal paha.
Rok mikro yaitu rok yang panjangnya sampai batas pangkal paha
Rok Mikro

2. Rok Mini,  Rok mini adalah suatu jenis rok dengan batas jauh di atas lutut, umumnya 15 cm atau lebih di atas lutut. Cara lain untuk menentukan apakah satu rok termasuk rok mini adalah dengan mengecek apakah si pengguna dapat menjangkau dengan jari manis dan kelingkingnya ke ujung rok sewaktu berdiri tegak; jika tidak bisa, maka rok tersebut bukan termasuk rok mini.. Rok mini mulai terkenal pada dasawarsa 1960-an.
Rok mini adalah suatu jenis rok dengan batas jauh di atas lutut, umumnya 15 cm atau lebih di atas lutut
Rok Mini

3. Rok Kini yaitu rok yang panjangnya sampai batas lutut.
Rok Kini yaitu rok yang panjangnya sampai batas lutut
Rok Kini

4. Rok Midi, yaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan betis.
Rok midi, yaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan betis
Rok Midi

5. Rok Maxi yaitu rok yang panjangnya sampai mata kaki.
Rok maxi yaitu rok yang panjangnya sampai mata kaki
Rok Maxi
6. Rok Floor, yaitu rok yang panjangnya sampai menyentuh lantai.
Rok Floor, yaitu rok yang panjangnya sampai menyentuh lantai
Rok Floor

Berdasarkan siluet/bentuk rok, desain rok dapat dibedakan atas :

1. Rok dari pola dasar, merupakan rok yang modelnya seperti pada pola dasar tanpa ada lipit atau kerut. Rok biasanya menggunakan ritsluiting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.
Pola dasar rok yaitu rok yang tanpa ada lipit atau kerut
Pola Dasar Rok
2. Rok Span dan semi span, rok span merupakan rok yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah, sedangkan rok semi span merupakan rok yang bagian sisinya lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
rok span merupakan rok yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah
Rok Span

3. Rok Pias, nama dari rok pias tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.
3. Rok Pias, nama dari rok pias tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya
Rok Pias

4. Rok Kerut, yaitu rok yang dibuat dengan model ada kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawah lebar.
Rok Kerut, yaitu rok yang dibuat dengan model ada kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawah lebar
Rok Kerut

5. Rok Kembang atau Rok Klok, yaitu rok yang bagian bawahnya lebar. Rok ini dikenal dengan rok kembang, rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.
Rok Kembang atau Rok Klok, yaitu rok yang bagian bawahnya lebar. Rok ini dikenal dengan rok kembang, rok lingkaran dan rok ½ lingkaran
Rok Kembang

6. Rok Lipit, rok lipit ada 3 yaitu rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup. Rok lipit pipih yaitu rok yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD. Rok lipit hadap yaitu rok yang lipitnya dibuat berhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau diatur beberapa lipitan pada sekeliling rok. Sedangkan rok lipit sungkup yaitu rok yang lipitnya dibuat berlawanan arah. Misalnya lipit yang satu dibuat kekanan dan yang satu lagi dibuat arah ke kiri. Lipit ini juga sama dengan lipit pada bagian dalam atau bagian buruk bahan pada lipit hadap.
Rok Lipit, rok lipit ada 3 yaitu rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup. Rok lipit pipih yaitu rok yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD. Rok lipit hadap yaitu rok yang lipitnya dibuat berhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau diatur beberapa lipitan pada sekeliling rok. Sedangkan rok lipit sungkup yaitu rok yang lipitnya dibuat berlawanan arah. Misalnya lipit yang satu dibuat kekanan dan yang satu lagi dibuat arah ke kiri. Lipit ini juga sama dengan lipit pada bagian dalam atau bagian buruk bahan pada lipit hadap
Rok Lipit

7. Rok Bertingkat, yaitu rok yang dibuat beberapa tingkat. Rok ini adayang dibuat 2 atau 3 tingkat yang diatur panjangnya. Umumnya bentuk rok ini sering dijumpai pada busana anak-anak.
  • 7. Rok Bertingkat, yaitu rok yang dibuat beberapa tingkat. Rok ini adayang dibuat 2 atau 3 tingkat yang diatur panjangnya. Umumnya bentuk rok ini sering dijumpai pada busana anak-anak
    Rok Bertingkat
Demikian pembahasan tentang jenis rok menurut panjang dan bentuk/siluetnya, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan ulasan menarik yang lainnya :
Dan ulasan tentang dunia fashion lainnya. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel