Media dan Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Media berkarya seni rupa tiga dimensi sangat beragam tergantung dari teknik yang digunakan. Teknik pembuatan seni rupa tiga dimensi adalah sebagai berikut :
  • Teknik pahat, yaitu mengurangi bahan menggunakan alat pahat. Misalnya, membuat patung dan relief dengan bahan dasar kayu dan batu.
Relief; Karya seni rupa 3 dimensi dengan teknik pahat
Relief; Karya seni rupa 3 dimensi dengan teknik pahat

  • Teknik butsir adalah teknik dengan mengurangi dan menambah bahan hingga memperoleh bentuk yang diinginkan. Alat yang digunakan adalah sudip. Teknik ini digunakan pada pembuatan keramik yang berbahan tanah liat.
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dengan Teknik Butsir, yaitu teknik dengan mengurangi dan menambah bahan untuk memperoleh bentuk yang diinginkan
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dengan Teknik Butsir

  • Teknik cetak adalah teknik dengan membuat cetakan terlebih dahulu. Teknik digunakan untuk membuat topeng dan patung yang berbahan tanah liat dan semen
Topeng;Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dengan Teknik Cetak
Topeng;Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dengan Teknik Cetak

  • Teknik Cor adalah teknik pembutan karya seni rupa terapan dengan cara mencairkan terlebih dahulu bahan yang akan dibuat karya seni rupa terapan . Setelah itu bahan-bahan yang sudah mencair kemudian dicetak menjadi sebuah karya seni rupa. Contoh karya seni rupa terapan yang pembuatannya dengan cara di cor antara lain kerajinan dari logam seperti hiasan yang ditempelkan pada pagar besi, Patung perunggu, Lencana perak, gelas atau vas bunga dari kaca, dan lain sebagainya.
Contoh karya seni rupa 3 dimensi dengan teknik cor; yaitu pembutan karya seni rupa terapan dengan cara mencairkan terlebih dahulu bahan
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dengan Teknik Cor

  • Teknik las, yaitu membuat karya seni dengan cara menggabungkan bahan satu ke bahan lain untuk mendapatkan bentuk tertentu. Misalnya, miniatur, maket, bunga dari sedotan, pagar tralis.
Bunga dari sedotan


Demikian pembahasan singkat tentang media dan teknik seni rupa 3 dimensi ini semoga bermanfaat. Silakan membaca artikel bermanfaat yang lainnya.
Dan masih banyak pembahasan lainnya yang sangat berguna bagi Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel