MEDIA MENGGAMBAR UNTUK ANAK

Media adalah bahan yang dapat digunakan untuk menuangkan gagasan seseorang, seperti: kertas, kanvas, kain atau papan tripleks, hardboard keramik, kaleng plastik bekas cat atau dan kardus bekas pengepakan bahan makanan, serta bahan-bahan yang lain. Sesuai dengan tujuan menggambar yaitu melatih mengutarakan pendapat dengan lancar, maka media yang akan digunakan oleh anak sebaiknya dipilih benda yang mudah dipakai untuk menuangkan ide dan gagasannya antara lain :

1. Kertas dan karbon.

Sifat bahan ini ada yang mudah sobek, dan ada yang kuat. Ukuran kertas juga bermacam-macam. Sifat kertas atau medium menggambar ini menentukan bahan dan peralatan untuk menggambar. Terdapat 4 ukuran kertas yaitu sebagai berikut:
Gambar Kertas A5 sebagai media menggambar untuk anak
Gambar Kertas A5
  1. A5 adalah ukuran buku begaris atau setengah folio (14.8 x 21.0)
  2. A4 sering dikatakan ukuran folio (21. 0 x 29.70)
  3. A3 ukuran dua kali folio (29.70 x 40)
  4. Plano atau ukuran kertas gambar padalarang (60 x 45)


2. Kanvas

Gambar Kanvas sebagai media menggambar untuk anak
Gambar Kanvas
Kanvas adalah medium gambar yang paling kuat dibanding bahan kertas dan karton. Semula kanvas terbuat dari kain yang juga disebut dengan kanvas, yaitu kain tebal, yang berfungsi untuk menutupi panas atau dingin nya cuaca.

3. Papan kayu lapis

Gambar Tripleks sebagai media menggambar untuk anak
Gambar Tripleks
Terdapat bahan gambar berupa papan kayu lapis yang dapat dipergunakan untuk menggambar. Ada dua jenis papan yaitu :
  1. Papan kayu lapis yang terbuat dari tripleks, terdiri atas susunan lapisan kayu yang disayat tipis.
  2. Tripleks yang terbuat dari partikel kayu yang yang di padatkan dan dibuat lempengan dengan dipres sekuatnya.


4. Keramik gerabah dan batu

Gambar Keramik Gerabah sebagai media menggambar untuk anak
Gambar Keramik Gerabah
Terdapat perkembangan baru bahan atau medium lukis, yaitu keramik lantai, gerabah, peralatan dapur maupun aksesoris rumah, serta batu. Keramik lantai dapat digunakan secara langsung dengan bahan pewarna antara lain :
  1. Cat kayu
  2. Cat minyak
  3. Spidol  transparansi
  4. Spidol minyak

          
Gambar yang sudah selesai dapat ditutup dengan pelapis atau pengkilat berupa cat netral atau sering disebut dngan clear. Bahan lain yang sering digunakan adalah gerabah yang terbuat dari tanah liat seprti cobek,vas bunga, pot tanaman hias tempayan serta yang lain. Bahan ini dapat dilumuri cat terlebih dahulu atau dapat dilumuri langsung dengan cat tembok atau cat kayu.

5. Fiber glass

Gambar Fiber Glass sebagai media menggambar untuk anak
Gambar Fiber Glass
Bahan ini merupakan bahan inovasi menggambar dengan teknik inkonvensional, yaitu teknik yang lepas dari aturan pengunaan medium gambar. Sehubungan dengan teknik ini maka bahan pewarna pun juga bebas. Bahan yang mirip dengan papan kayu lapis ini antara lain adalah fiber glass, formatika, dan polly carbonate. Bahan-bahan tersebut dapat digambar langsung dengan spidol ataupun dengan cat kayu.

Demikian pembahasan singkat mengenai media menggambar untuk anak, semoga bermanfaat. Silakan menikmati pembahasan yang lainnya :
Juga pembahasan menarik lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel