Berlatih Pencahayaan Dasar Pada Fotografi

Akhir-akhir ini tren fotografi digital sedang mengalami masa kejayaan, yang ditandai dengan hadirnya kamera berjenis mirrorless (tanpa cermin) dan kemunculan berbagai aplikasi digital yang membutuhkan fotografi sebagai salah satu medianya.

Jika kita berniat sekadar mencoba terjun ke dalam dunia fotografi, maka kita harus mengetahui elemen dasar yang terpenting, yaitu pencahayaan. Selain untuk menerangi objek foto, pencahayaan juga bertujuan menentukan feel atau mood dari sebuah foto, juga menentukan bagian detil yang akan ditonjolkan pada sebuah foto.

Untuk bisa mengerti prinsip kerja pencahayaan pada fotografi, kita dapat mencoba dari benda yang paling sederhana sebagai alat bantu pencahayaan objek, misalnya seperti lampu meja belajar, atau lampu senter, lampu darurat, dan lain-lain.

Alat sederhana untuk membantu pencahayaan objek sebagai berlatih pencahayaan dasar pada fotografi
Alat sederhana untuk membantu pencahayaan objek

Langkah pertama dapat dimulai dengan mengambil objek untuk latihan foto (disarankan untuk memilih objek yang memiliki bentuk menarik). Setelah itu, kamera diletakkan di atas tripod atau permukaan yang menunjang stabilitas kamera, sambil mengarahkan kamera ke objek.

Berikutnya kita dapat mencoba mengatur posisi sumber cahaya (lampu) untuk melatih kemampuan kita mengeksplorasi bentuk bayangan dan hubungannya dengan arah sumber cahaya. Cara ini dapat terus diulang sampai kita berhasil mendapatkan mood, feel, dan keseimbangan antara cahaya dan bayangan yang menarik.

Setelah kita mencoba berlatih dengan lampu dan objek, selanjutnya kita pelajari beberapa efek dan pengaruh dari posisi sumber cahaya. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat gambar di bawah ini.

contoh singkat efek dari perubahan arah cahaya terhadap objek foto sebagao berlatih pencahayaan dasar pada fotografi
Contoh singkat efek dari perubahan arah cahaya terhadap objek foto

Gambar di atas adalah contoh singkat efek dari perubahan arah cahaya terhadap objek foto. Untuk dapat menentukan arah cahaya yang sesuai dengan objek foto, maka fotografer harus terlebih dahulu menetukan tema dari foto itu sendiri.

Misalnya untuk tema misterius, maka biasanya pencahayaan terhadap model tidak menjangkau seluruh bagian muka, tetapi bisa diarahkan sedikit dari samping agar beberapa bagian dan detil muka ada yang tersamar, sehingga menimbulkan kesan misterius.

Fotografer pemula maupun yang berpengalaman dapat memilih sendiri arah pencahayaan yang mereka inginkan untuk mencapai konsep atau cerita dalam sebuah foto, sesuai dengan keinginan fotografernya.

Demikian pembahasan singkat tentang Berlatih Pencahayaan Dasar Pada Fotografi, semoga membangkitkan daya kreasi Anda. Jangan lewatkan pembahasan menarik yang lainnya :
  • Warna merupakan metode penyampaian pesan dan makna paling cepat dalam kategori komunikasi non-verbal. Sejak jaman dahulu, sebelum manusia belajar menghargai keindahan warna, mereka sudah memiliki cara yang lebih praktis untuk berkomunikasi dengan warna. Kebanyakan reaksi manusia terhadap warna bekerja tanpa sadar dan pada umumnya konsumen tidak menyadari efek yang terjadi dari warna. Pembahasan selengkapnya silakan membaca Makna Warna Dalam Emosi
  • Untuk memperoleh warna tertentu, dapat dilakukan dengan mencampur warna (color mixing). Warna tertentu yang dikehendaki itu dapat diperoleh dari percampuran dua atau beberapa warna. Penjelasan selengkapnya silakan simak Teknik Mencampur Warna
Dan  berbagai  artikel menarik yang lainnya. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel