KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)

Keramik merupakan suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran yang pada umumnya terbuat dari tanah liat, kwarsa, feldsfar, dan serbuk kaca. Sifat keramik ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya yang secara umum meiliki sifat :
  • Keras, kuat, tetapi bersifat getas atau mudah pecah.
  • Tahan terhadap korosi.
  • Kapasitas panas yang baik dan konduktivitas panas yang rendah.
  • Sifat listriknya dapat menjadi isolator, semikonduktor, konduktor bahkan superkonduktor.
  • Dapat bersifat magnetik dan non magnetik.

Keramik biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mangkok, piring, cangkir,teko,tempayan dll. Atau keramik yang digunakan untuk bahan bangunan, seperti batu-bata,genteng keramik, tegel keramik , pipa-pipa keramik untuk pembuangan.

Daerah penghasil kerajinan keramik di nusantara sangatlah banyak dengan aneka ragam corak dan bentuknya. Di sini saya contohkan 10 daerah yang terkenal saja, yaitu :

1. Kerajinan Keramik Kecamatan Plered, Purwakarta

Plered sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil keramik. Tempat ini, tepatnya di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Purwakarta, Jawa Barat. Berbagai bentuk dan ukuran keramik dibuat. mulai dari yang kecil, sedang, hingga berukuran besar dengan aneka desain.

Contoh Kerajinan Keramik Asal Plered, Purwakarta sebagai salah satu contoh KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Contoh Kerajinan Keramik Asal Plered, Purwakarta

Beragam model guci juga tersedia di sini. Namun sayang, komoditas yang semestinya menjadi wisata altenatif ini semakin lama semakin sepi pengunjung.Sekadar diketahui, keramik yang dihasilkan  dari daerah Plered, biasanya dijual ke beberapa kota lain, termasuk Jakarta. Sebagian bahkan menembus pasar ekspor ke sejumlah negara di daratan China, maupun Eropa, seperti Belanda dan Rusia.

Jika kita berkunjung langsung ke lokasi pembuatan keramik di Plered, selain dapat menyaksikan langsung pembuatan keramik, pengunjung juga bisa mendapatkan harga yang boleh dibilang cukup murah dengan desain yang cukup artistik. Ada yang dijual mulai dari harga lima ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Seperti keramik jenis pot dengan model sederhana misalnya, hanya dijual seharga lima ribu rupiah saja.

2. Kerajinan Keramik "Kampung Wisata Keramik Dinoyo",  Malang

Siapa yang tak kenal dengan kota Malang? Ternyata kota ini tidak hanya terkenal dengan sebutan kota apel. Di kota berjuluk Paris of East Java ini juga terdapat kampung wisata yang mengandalkan kerajinan tangan yang dapat dijadikan cinderamata. Ya, apalagi kalau bukan Kampung Wisata Keramik Dinoyo.

Kerajinan Keramik Asal Dinoyo, Malang sebagai salah satu contoh KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Asal Dinoyo, Malang

Sesuai namanya, Kampung Wisata Keramik Dinoyo berada di Kelurahan Dinoyo, Malang. Kampung yang telah memproduksi kerajinan keramik sebagai mata pencaharian ini diresmikan sebagai Kampung Wisata Keramik pada tahun 2010. Di sentra kerajinan yang terletak di Jl. MT Haryono XI ini terdapat sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas kota Malang. Baik peralatan dapur seperti mug, gelas, cangkir, piring kecil, dan poci maupun berbagai perlengkapan terapi seperti cawan kecil, dan wadah air.

Ada pula keramik untuk hiasan rumah seperti vas bunga, asbak, guci, tempat tisu, dan berbagai hiasan yang cantik dan unik lainnya. Ketika pengunjung memasuki salah satu toko, berbagai macam keramik nan cantik terpajang di rak. Sepasang poci dan cangkir-cangkir nampak cantik dengan sentuhan porcelain yang mengkilat dengan berbagai pilihan warna. Selain itu terdapat pula cangkir dengan desain kreatif  yang cantik, misalnya cangkir dengan hiasan keong emas yang menjadi telinga cangkir, dan lain-lain.

3. Kerajinan Keramik Desa Klampok, Banjarnegara

Daerah penghasil keramik selanjutnya datang dari desa Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jika Anda melakukan perjalanan ke Purwokerto via Wonosobo, Anda dapat menemui banyak galeri keramik di sepanjang jalan Banjarnegara. Desa ini membuat kerajinan tangan keramik dari bahan baku tanah liat (lempung). Jadi proses pembuatan keramik di desa ini memang terbilang masih sangat sederhana dan tradisional.

Kerajinan Keramik Desa Klampok, Banjarnegara sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Desa Klampok, Banjarnegara

Produk keramik yang dihasilkan dari Desa Klampok, Banjarnegara adalah berupa patung, piring vas dan asbak, yang dimana sudah dipesan oleh berbagai daerah di luar Provinsi Jawa Tengah hingga keluar negeri. Pengrajin keramik di Desa Klampok sering sekali menghadapi pesanan yang sangat banyak dan kebanjiran order dari pecinta keramik mancanegara. Jadi gak diragukan lagi kualitas kerajinan keramik yang ada di Banjarnegara ini.

4.   Kerajinan Keramik Daerah Kiara Condong, Bandung

Bandung tidak hanya terkenal dari bidang industri sandang dan pangan saja. Namun, kerajinan tangan di daerah Kiara Condong, Bandung ini juga sangat terkenal, yaitu kerajinan tangan keramik.

Kerajinan Keramik Daerah Kiara Condong, Bandung sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Daerah Kiara Condong, Bandung

Anda bisa menemukan banyak model kerajinan keramik berupa patung, guci, dan berbagai souvenir lainnya. Bahkan karena keterampilan para pengrajin keramik dan kualitas keramik yang bagus dan artistik, kerajinan keramik di Kiara Condong ini sering mendapatkan pesanan dari berbagai negara seperti Jepang dan Eropa.

5. Kerajinan Keramik Dari Desa Pejaten, Bali

Desa Pejaten, di Bali sudah sangat terkenal dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik yang dihasilkan di Desa ini berupa barang pecah belah seperti guci/gentong dengan ukiran khas bali yang indah, patung, pot atau vas bunga, peralatan makan dan dapur, asbak, tempat lilin dan lain-lain.

Kerajinan Keramik Dari Desa Pejaten, Bali sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Dari Desa Pejaten, Bali

Keterampilan pengrajin keramik di Desa Pejaten ini mampu menarik perhatian para pecinta seni keramik, baik dalam negeri maupun luar negeri seperti Swedia, Australia, dan Jerman. Bahkan banyak yang menyebut kualitas kerajinan keramik di Bali ini kualitasnya setara bahhkan bisa melebihi kerajinan keramik dari Tiongkok.

Buat Anda yang akan berkunjung ke Bali khususnya daerah Pejaten, Anda bisa melihat proses produksi keramik ini. Anda bisa memilih berbagai desain nan mempesona sebagai cinderamata.

6. Kerajinan Keramik Dari Daerah Kasongan, Jogjakarta

Desa wisata Gerabah Kasongan sudah terkenal sejak lama karena kerajinan gerabahnya yang terkenal. Di sini bisa disaksikan para penduduk setempat yang berprofesi sebagai pengrajin gerabah. Gerabah dari tempat ini sempat porak-poranda oleh gempa bumi besar yang mengguncang Yogyakarta, tetapi dengan dukungan dari pemerintah tempat ini dengan cepat memulihkan keadaannya.

Itulah desa wisata Kasongan dengan produk kerajinan gerabah / keramik andalannya, yakni perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung. Hingga kini, produk gerabah masih menjadi andalan potensi pariwisata daerah Bantul.

Kerajinan Keramik Dari Daerah Kasongan, Jogjakarta sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Dari Daerah Kasongan, Jogjakarta

Dikisahkan, dulunya kawasan desa wisata gerabah Kasongan ini merupakan wilayah pemukiman para kundi, yang berarti buyung atau gundi (orang yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur dan juga barang hias). Dan akhirnya kebiasaan itu terus diturunkan hingga generasi sekarang.

Kini, di desa Kasongan ini Anda bisa menjumpai puluhan galeri gerabah yang tersebar di sepanjang kiri dan kanan jalan. Para wisatawan yang berkunjung ke sana bisa memesan jenis motif gerabah atau keramik sesuai keinginannya, seperti burung merak, naga, bunga mawar dan banyak lainnya.

Produk khas Kasongan seperti guci, tempat bunga, hiasan dinding, kini mulai banyak diminati pembeli luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Spanyol.

7. Kerjinan Keramik Desa Malahayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Kabupaten Brebes memiliki banyak pengrajin keramik, yang terkenal adalah desa Mahalayu, dan tidak jauh dari tempat ini terdapat pula sebuah waduk yang dinamai Waduk Malahayu.

Kerjinan Keramik Desa Malahayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerjinan Keramik Desa Malahayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Berbagai desain dan motif hasil karya pengrajin di desa tersebut bisa Anda nikmati dengan suasana nyaman dan damai.

8. Kerajinan Keramik Kecamatan Mayong, Jepara, Jawa Tengah

Mayong adalah sebuah Kota Kecamatan Tempat Kelahiran RA Kartini, disamping itu juga penghasil bermacam-macam kerajinan berbahan tanah liat, diantaranya genteng, keramik dan macam-macam kerajinan lainnya.

Kerajinan Keramik Kecamatan Mayong, Jepara, Jawa Tengah sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Kecamatan Mayong, Jepara, Jawa Tengah

Genteng buatan Mayong sudah dikirim ke berbagai penjuru negeri antara lain Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai ke Pontianak. Berbagai macam jenis genteng yang terkenal yaitu : genteng mantili, dan genteng pres. Ada 2 macam jenis genteng pres, yaitu pres sokka dan supr sokka dengan harga yang relatif bervariasi.

Keramik yang dibuat oleh masyarakat Mayong juga tidak kalah kwalitasnya, bahkan sudah di eksport ke luar negeri.

9. Kerajinan Keramik Daerah Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang merupakan lokasi pengolahan keramik terbesar di Kalimantan Barat selain di Siantan, Terdapat 7 perusahaan tetapi hanya 4 yang bertahan akibat kongkurensi dalam dunia usaha. Menurut cerita daerah tersebut telah memproduksi keramik mulai abad ke-17 saat imigran China menetap disana.

Kerajinan Keramik Daerah Singkawang, Kalimantan Barat sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Daerah Singkawang, Kalimantan Barat

Selain membawa produk keramik imigran China juga membawa keterampilan mengolah bahan dan membuat keramik. Salah satu yang masih bertahan adalah Sa Liung atau Padang Pasir, Sakok, memproduksi tiruan keramik kuno gaya China, tempayan atau martaban, mangkuk, jambangan, dan guci yang bergaya Ming.

Keramik antik gaya China produksi Singkawang yang mirip dengan aslinya banyak di ekspor ke Hongkong, Singapura dan Eropa.

10. Kerajinan Keramik Dari Banyumulek, Lombok

Jika ada kerajinan rakyat lokal yang berkembang dari sebuah cerita rakyat atau legenda, maka kerajinan gerabah di Banyumulek Lombok adalah salah satu diantaranya. Semuanya bermula dari legenda perintah Dewi Anjani, penguasa Gunung Rinjani yang menolong sepasang suami-istri.

Kerajinan Keramik Dari Banyumulek, Lombok sebagai contoh dari KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA)
Kerajinan Keramik Dari Banyumulek, Lombok

Dahulu kala, Dewi Anjani mengutus seekor burung pembawa pesan (Manuk Bere), untuk menolong dan mengajarkan cara sepasang suami istri yang kebingungan memasak beras hasil panen pertama mereka. Manuk Bere juga mengajarkan bagaimana cara membuat periuk dari tanah liat yang dapat digunakan untuk memasak. Sejak saat itu masyarakat Sasak kemudian percaya bahwa dari sanalah keterampilan membuat gerabah berkembang dan diwarisi sampai sekarang.

Demikian pembahasan tentang KERAJINAN KERAMIK NUSANTARA (10 CONTOH DAN KETERANGANNYA), semoga bermanfaat. Silakan menikmati pembahasan seni kriya yang lainnya:

Dan berbagai pembahasan menarik lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel