KONSEP PELAYANAN PELANGGAN YANG MEMUASKAN

Konsep pelayanan pelanggan yang memuaskan adalah suatu konsep pelayanan dalam rangka meyakinkan pelanggan. Pelayanan yang memuaskan dapat dicapai melalui tindakan, yaitu bagaimana cara mempengaruhi, cara merayu, meyakinkan dan memberikan suatu jaminan kepada calon pelanggan atau pelanggan, sehingga mereka tertarik dan akhirnya membeli atau menggunakan barang dan jasa yang kita tawarkan.

Ilustrasi iklan yang menarik sebagai konsep pelayanan pelanggan yang memuaskan
Ilustrasi Iklan yang menarik

Beberapa konsep tindakan yang bisa dilakukan meliputi antara lain :
a) Melakukan promosi oleh para salesman
b) Memasang iklan di media massa (surat kabar,majalah, televisi dan radio
c) Menyebarkan brosur, spanduk, pamflet, katalog
d) Menyelenggarakan demo gratis dengan memberikan hadiah cuma-cuma
e) Mengikuti pameran yang diselenggarakan secara bersama-sama dengan perusahaan lain
f) Mengirim penawaran harga kepada pelanggan atau calon pelanggan yang dilampiri dengan surat order/pesanan barang.

Memenangkan strategi persaingan dalam usaha jasa pelayanan melalui konsep pelayanan pelanggan yang memuaskan tidaklah cukup hanya melakukan suatu proses administrasi saja, tetapi harus didukung pula oleh tindakan para personalia perusahaan terutama para petugas pelayanan sebagai jajaran terdepan yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Misalnya bagaimana cara merespon keinginan-keinginan pelanggan, agar pelanggan merasa terpuaskan.

Bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan, keramah-tamahan, sopan santun dan senyum yang selalu muncul dari para karyawannya adalah aset yang sangat berharga. Para petugas pelayanan merupakan ujung tombak perusahaan jasa pelayanan yang akan berhadapan langsung dengan pihak konsumen/pelanggan.

Petugas pelayanan tidak hanya mampu bertindak sebagai komunikator atau mediator, tetapi sekaligus harus mampu menanamkan citra yang positif bagi perusahaan dan juga harus memiliki kemampuan membantu perusahaan memahami bahwa pelanggan adalah aset penting yang harus dipelihara dan dipertahankan keberadaannya.

Ilustrasi sikap yang ramah sebagai konsep pelayanan pelanggan yang memuaskan
Ilustrasi Sikap Yang Ramah

Oleh karena itu apapun permintaan pelanggan, bagimana sikap dan tingkah laku pelanggan layanilah dengan selalu berpikir positif. Usahakan selalu bersikap ramah, timbulkanlah sikap awal yang baik karena kesan awal adalah penting untuk mempengaruhi hubungan selanjutnya.

Seorang pimpinan perusahaan jasa pelayanan harus selalu mengingatkan karyawannya (petugas pelayanan) agar menanamkan sikap menghargai orang lain, supaya orang lainpun juga menghargai kita. Salah satu kunci keberhasilan dalam mengelola usaha jasa pelayanan terletak pada cara perusahaan tersebut memperlakukan pelanggannya.

Melayani pelanggan dengan sikap hormat, ramah dan dengan tutur bahasa yang baik disertai senyum merupakan penghargaan yang tak ternilai bagi pelanggan dan akan mendatangkan manfaat yang besar bagi perusahaan. Dengan demikian pelanggan akan selalu terkesan dan tergerak hatinya untuk mengingat dan tidak mustahil akan datang kembali untuk melakukan pembelian ulang ke perusahaan kita.

Pelanggan adalah pihak yang harus kita hargai dan hormati,karena dari pelangganlah kelangsungan usaha akan terjamin. Sikap menghargai pelanggan sebagai konsep pelayanan pelanggan yang memuaskan antara lain dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
a) Bersikap hormat dan ramah
b) Pergunakanlah tutur kata yang baik dan sopan
c) Berikan senyuman agar tercipta suasana nyaman
d) Berbicaralh jujur dan jagalah perasaan pelanggan
e) Tunjukkanlah bahwa pelayan/ anda siap membantu
f) Hindarkanlah pelanggan menunggu terlalu lama
g) Sabarlah dalam memberikan informasi.

Demikian pembahasan singkat tentang konsep pelayanan pelanggan yang memuaskan, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan pembahasan menarik yang lainnya :
Dan masih banyak pembahasan bermanfaat lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel