Makna Warna Dalam Emosi

Pendahuluan

Warna merupakan metode penyampaian pesan dan makna paling cepat dalam kategori komunikasi non-verbal. Sejak jaman dahulu, sebelum manusia belajar menghargai keindahan warna, mereka sudah memiliki cara yang lebih praktis untuk berkomunikasi dengan warna. Kebanyakan reaksi manusia terhadap warna bekerja tanpa sadar dan pada umumnya konsumen tidak menyadari efek yang terjadi dari warna.

Warna merangsang dan bekerja secara sinergi dengan semua indera manusia, memberikan konsep-konsep abstrak dan pemikiran, mengungkapkan fantasi-fantasi terhadap pemenuhan harapan, dapat mengingatkan kembali pada waktu dan tempat lain, dan menghasilkan serta merespon rasa keindahan atau emosional.

Panduan warna termudah untuk digunakan adalah lingkaran warna. Dalam dunia desain komunikasi visual, dikenal lingkaran warna Johannes Itten dari Bauhaus. Pada umumnya lingkaran warna terbagi atas 2 bagian: warna panas dimulai dari warna kuning hingga merah ungu, yang diasosiasikan dengan kehangatan dari api dan matahari. Sedangkan warna dingin dimulai dari warna ungu hingga hijau kuning, yang menggambarkan kesejukan lautan, langit, angkasa luar, dan dedaunan.

Kombinasi warna-warna dingin dan panas pada lingkaran warna, memberikan makna dan efek yang jauh berbeda bagi mata. Perhatikan gambar di bawah ini...

Kombinasi warna-warna dingin dan panas pada lingkaran warna, memberikan makna dan efek yang jauh berbeda bagi mata sebagai makna warna dalam emosi.
Kombinasi warna-warna dingin dan panas pada lingkaran warna

Kombinasi warna-warna panas memberikan kesan energik, agresif, aktif, dinamis di mana kombinasi warna-warna ini menuntut perhatian dan cepat melelahkan mata. Sementara warna-warna dingin lebih menenangkan, menyejukan, memberi kenyamanan, dan mata tidak mudah lelah.

Seperti telah dibahas dalam setiap penggunaan warna bahwa warna memiliki arti dan aspek psikologis tertentu pada setiap penggunanya, maka penggunaan warna haruslah tepat guna dan sasaran. Warna yang sama dapat memiliki arti dan fungsi yang berbeda pada konsumen dan media yang berbeda. Oleh sebab itu perlu kiranya kita mengetahui arti dan fungsi warna-warna pada lingkaran warna, agar pesan yang akan disampaikan melalui warna dapat mencapai tujuan dan sasarannya.

Makna Warna Dalam Komunikasi

Dari semua bentuk komunikasi yang non-verbal, warna merupakan metode yg paling tepat dalam menyampaikan pesan dan tujuan. Sebelum manusia belajar menghargai keindahan warna, jauh sebelumnya telah terjadi penggunaan warna dalam berkomunikasi. Kita telah mampu membedakan obyek dan menangkap tanda-tanda yang ada, baik itu dari binatang, tumbuhan, sayuran atau cairan. Warna adalah bagian dari proses pelengkapan identitas.

Diantara kegunaan-kegunaan lainnya, warna mendorong dan bekerja secara bersamaan dengan seluruh arti, simbol konsep-konsep dan pemikiran-pemikiran yang abstrak, mengekspresikan fantasi, mengingatkan kembali, waktu, tempat dan memproduksi suatu keindahan atau reaksi secara emosional.

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk menguji keefektifitasan warna selain di pasaran, dimana itu merupakan kunci penting dalam berkomunikasi untuk mendapatkan image yang positif atau baik, membujuk dan sangat menarik pada suatu produk. Sering disebut sebagai “silent salesperson”, warna harus secepatnya menarik perhatian mata konsumen, menyampaikan pesan tentang si produk, menciptakan jati diri produk, dan yang paling penting, membantu menaikan penjualan. Sedikitnya, warna harus cukup menciptakan minat atau keingintahuan untuk membujuk pembeli untuk mencari tahu lebih jauh tentang si produk itu sendiri.

Reaksi kebanyakan orang terhadap warna adalah biasa saja dan konsumen pada umumnya tidak memperhatikan efek yang terkandung dan yang menarik dari warna. Efek psikologi timbul seketika pada saat melihat warna tersebut, seperti warna mendorong timbulnya arti dan kekuatan sugesti yang ada. Kekuatan yang dapat dilakukan warna terlihat pada setiap tingkatan dalam berkomunikasi : dalam Corporate Identification, Logo, Papan Reklame, Iklan di TV, Iklan majalah, kotak pembungkus, baik dalam komputer dan lokasi penjualan / pembelian setempat.

Dalam dunia advertising atau periklanan, warna sangat mendominasi. Misalnya pada iklan-iklan produk minuman, permainan warna sangat mendominasi untuk mengungkapkan kesegaran yang terkandung dalam minuman teresebut seperti desain iklan di bawah ini...

Permainan warna pada iklan-iklan produk minuman sebagai makna warna dalam emosi
Permainan warna pada iklan-iklan produk minuman

Setelah mendapatkan banyak perhatian calon pembeli, sebuah kotak pembungkus harus dapat mengexpresikan kwalitas dari suatu produk secara visual. Jika harga si produk ini lebih mahal dari produk pesaingnya, maka warna tersebut haruslah sesuai dengan harga produknya, maka produk ini akan dapat bersaing sesuai harganya. Penggunaan warna yang tepat akan menimbulkan impact yang lebih baik dibandingkan dengan kompetisi produknya. Banyaknya jumlah produk yang berbaris dan bersaing di pasaran dan jumlah uang yang beredar lalu lalang, pengguna warna yang cermat dapat menembus pasaran.

Untuk suatu ketepatan pemasaran, warna-warna pembungkus harus memuaskan “wish fulfillment” atau kebutuhan bahwa si produk akan memenuhi “janjinya”. Contohnya: suatu produk menjanjikan rasa yang manis, maka warna yang tepat untuk digunakan adalah pink, peach, cream, lavender, sementara itu, janji akan kesegaran yang sejuk sebaiknya dengan menggunakan warna icy-blue, green, blue-green. Setiap keluarga warna membawa kesan yang khusus dan merupakan bagian dari simbol yang menjadi kritik dalam pemasaran produk / company image.

Suatu perusahaan harus mengeluarkan jutaan dollar untuk menetapkan identitas perusahaannya (corporate identity), image dan brand melalui logo, iklan-iklan, website dan signage; perusahaan ini harus menyampaikan pesan yang singkat tentang siapakah mereka dan apa yg mereka lakukan. IBM akan selalu dikenal sebagai The Big Blue: setia dan dapat dipercaya. Coke menggunakan red, berkesan energik dan kemewahan. Warna ini tidak hanya suatu identitas atau citra diri, tapi suatu yang diimpi-impikan.

Coca-cola dengan berbagai gaya beriklan, menggunakan merah sebagai bahasa komunikasi sebagai makna warna dalam komunikasi
Coca-cola dengan berbagai gaya beriklan, menggunakan merah sebagai bahasa komunikasi.

Warna menambahkan arti yang sangat hebat dalam berkomunikasi seperti sama pentingnya dengan pesan yang divisualkan, menyampaikan kesan dan pesan saat itu, lebih sering, dan lebih mudah dimengerti. Ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam menyampaikan kesan atau ide di mana perkataan / pernyataan yang panjang lebar tidak berguna / sulit dimengerti. Warna adalah bahasa umum yang merupakan persilangan kebudayaan dengan elektronik atau teknologi atau satelit, yang di sebut “Global Village”.

Dalam komunikasi pemasaran, yang menjadi perhatian utamanya adalah membujuk masyarakat luas untuk menjadikan atau membuat konsumen memberikan tanggapan positif dalam penyampaian pesan 2 arah. Dalam tugasnya menyampaikan pesan pasaran yang berarti.

Tanpa manusia melakukan bahasa verbal, warna telah dapat mengungkapkan banyak arti yang tersirat dalam pesan. Tanpa manusia sadari, warna terpakai dalam aspek berkomunikasi. Dengan warna pula, manusia dapat membaca tanda-tanda yang terjadi pada suatu obyek, misalnya manusia dapat membedakan bahwa mereka adalah kelompok binatang, sayuran, buah-buahan. Warna merupakan bagian dari proses identitas. Dengan warna pula manusia dapat mengungkapkan rasa, konsep simbol-simbol yang abstrak dan pemikiran, mengungkapkan fantasi-fantasi yang ada, keindahan dan emosi.

Makna Warna Kuning Dalam Emosi

Warna menambah makna yang luar biasa dalam berkomunikasi terutama dalam pesan visual. Warna menyampaikan kesan sesaat yang seringkali dimengerti secara umum, hal ini penting terutama dalam menyampaikan suasana hati atau ide dimana penggunaan kata-kata tidak digunakan atau dimengerti. Warna adalah bahasa universal yang melintasi batas-batas budaya dalam teknologi yang disebut “Global Village”. (Eisman, 2000).

Kuning mewakili sinar matahari, cahaya, kehangatan. Ini adalah warna yang mengidentifikasikan dengan imaginasi, cerah, bersinar dengan intensitas dari sinar matahari itu sendiri. Warna teratas dalam lingkarang warna Johannes Itten, merupakan warna dengan tingkat keterangan paling tinggi dan mudah dilihat, diantara warna-warna lainnya.

Kuning dengan berbagai Tints, Tones dan Shades sebagai  makna warna dalam emosi
Kuning dengan berbagai Tints, Tones dan Shades

Dengan tingkat keterangan yang paling tinggi serta efek yang menyilaukan, kuning kurang disukai orang-orang dengan tingkat usia yang lebih tua dan orang-orang dengan frekuensi kerjaan yang padat. Kuning dalam jumlah yang banyak akan menambah tingkat ketegangan pada orang-orang tersebut di atas.

Nuansa kuning dapat dijelaskan sebagai kelezatan nuansa nikmat dalam bidang layanan makanan dan produk makanan, seperti krim pisang atau custard terbaik.

Kombinasi warna Kuning dengan berbagai Tones sebagai makna warna dalam emosi
Kombinasi warna Kuning dengan berbagai Tones

Secara psikologi, kuning adalah warna kecerdasan dan kedalaman pemikirian. Sangat optimis dan ceria. Namun juga menunjukkan ketidaksabaran, kritik, dan pengecut. Dalam arti warna, kuning mengilhami pemikiran orisinil (asli) dan rasa ingin tahu. Dari aspek mental warna ini membantu kita untuk menemukan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Cermin dari seorang pemikir praktis, bukan pemimpi.

Makna Warna Hijau Dalam Emosi

Warna yang dihasilkan dari percampuran biru dan kuning. Hijau biasa dikaitkan dengan alam. Warna hijau meliputi kejernihan mental dan optimisme kuning dengan tenang emosional dan wawasan biru, inspirasi harapan dan kemurahan hati Yang Maha Kuasa yang tidak tersedia dari warna lainnya.

Warna hijau adalah warna keseimbangan dan harmoni. Dari perspektif psikologi warna, itu adalah penyeimbang besar hati dan emosi, menciptakan keseimbangan antara kepala dan hati. Warna ini memberikan kesejukan, kemampuan diri untuk menjaga kedamaian, dan mampu menampilkan emosi yang positif.

Warna Hijau dengan berbagai Tints, Tones dan Shades sebagai makna warna dalam emosi
Warna Hijau dengan berbagai Tints, Tones dan Shades

Dari perspektif warna, yang berarti hijau adalah juga warna pertumbuhan, warna musim semi, pembaruan dan kelahiran kembali. Warna ini melambangkan kedekatan dengan alam, menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. Oleh sebab itu, warna ini banyak digunakan oleh rumah sakit, klinik kesehatan dan kecantikan sebagai lambang dari harapan (hope) untuk sembuh dan sehat kembali. Nama-nama warna keluarga hijau banyak di dapat dari tumbuhan dan buah2an, antara lain hijau apel, hijau daun, hijau lumut, dan lain sebagainya.



Dalam dunia desain komunikasi visual, kombinasi warna-warna dingin banyak digunakan untuk logo, kemasan, iklan, signage, dan publikasi. Kombinasi warna-warna ini memberikan kesejukan, materialistis, kemakmuran, ketenangan, keislaman, dan cendrung menghindari pertentangan.

Kombinasi warna Hijau; Lambang Kemakmuran sebagai makna warna dalam komunikasi
Kombinasi warna Hijau; Lambang Kemakmuran

Gradasi warna hijau ke putih dan kuning seperti hijau pupus, hijau daun, daun muda, kumala (jade), hijau muda, lime (jeruk nipis), rumput (grass) memberikan kesan ringan, lembut, segar, harapan, relax, asam, fresh, dan kesan menyenangkan lainnya.

Nuansa hijau tua (gradasi hijau ke hitam) seperti hijau tentara (green army), hijau lumut/zaitun (olive), hijau botol, cemara (pine) memberikan kesan yang lebih stabil, kemakmuran, tua atau kuno (terpengaruh dari kalimat “lumutan karena lama menunggu”). Bahkan tahun 2013, emerald color menjadi warna trend. Warna ini memberikan kesan mewah, simple, dan elegant.

Kombinasi warna Dingin; Penyejuk Mata sebagai makna warna dalam emosi
Kombinasi warna Dingin; Penyejuk Mata

Dengan adanya kampanye “go green” di seluruh dunia dalam usaha menyelamatkan dunia, maka warna hijau banyak digunakan dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan alam.

Makna Warna Biru Dalam Emosi

Di negara barat, warna biru biasanya diasosiasikan dengan kepercayaan, keseimbangan, dan kesetiaan. Biru merupakan warna yang paling digemari oleh pria dan wanita. Sementara itu di negara timur, biru lebih dilambangkan sebagai alam (langit, laut) yang memberikan ketenangan, kebebasan, dan kehidupan).

Walaupun biru merupakan warna paling popular di dunia, akan tetapi hati-hati menggunakan warna ini pada makanan. Biru tidak lazim pada makanan. Keluarga biru biasa digunakan untuk kemasan benda-benda beracun, seperti detergen, spiritus, dan pembasmi serangga. Warna biru keunguan pada makanan (daging) biasanya berarti makanan sudah rusak atau terjadi pembusukan pada daging, seperti mayat.

Berbagai warna biru sesuai dengan objeknya, dijumpai berbagai permainan kadar warna putih, abu-abu dan hitam (tints, tones, shades) sebagai makna warna dalam emosi
Berbagai warna biru sesuai dengan objeknya, dijumpai berbagai permainan kadar warna putih, abu-abu dan hitam (tints, tones, shades)

Oleh karena kebiasaan dan pengalaman yang ada, maka sejak dahulu warna ini dihindari untuk disajikan pada makanan, dapat menghilangkan selera makan. Pada akhir tahun 90’an, biru mulai diperkenalkan pada makanan (biskuit oreo) dengan alasan bahwa warna biru merupakan warna kehidupan dan higenis, contohnya air, langit biasa diwarnai dengan biru. Sejak itulah biru mulai merambah ke dunia makanan dan minuman.

Kombinasi biru banyak digunakan untuk memberikan kesan kedamaian, kepercayaan. Warna ini dapat menimbulkan suatu keyakinan dan keamanan. Selain itu, biru dapat memberikan kesan dingin, depresi yang berkepanjangan, kejenuhan, kesedihan seperti pada lirik sebuah lagu Phil Collins..when I felling blue..

Kombinasi warna Biru sebagai makna warna dalam emosi
Kombinasi warna Biru

Warna biru (blue) dapat dikatakan sebagai warna yang idealis, conservative dan predictable. Warna ini merupakan warna yang paling mudah dicocokan dengan warna-warna lainnya. Hal ini dapat kita lihat dari penggunaan biru pada celana jeans yang sangat digemari semua orang dalam segala umur. Celana jeans identik dengan warna biru (denim), digunakan untuk acara santai dan semi resmi, biasanya jika mengenakan celana jeans maka orang sudah tidak perduli lagi warna baju bagian atas. Merah, kuning, hijau, hitam, dan warna apapun akan terlihat pas dan cocok.

Keluarga biru banyak memberikan kesan keyakinan, kepercayaan, dingin, depresi, dan duka berkepanjangan. Warna ini paling banyak ditemui di alam semesta. Biru merupakan warna nostalgia. Warna ini adalah warna yang hidup di masa lalu, terkait segala sesuatu di masa sekarang dan masa depan dengan pengalaman di masa lalu.

Makna Warna Merah Dalam Emosi

Warna yang kita lihat setiap hari sangat mempengaruhi hidup dan perasaan kita. Berawal dari masa kanak-kanak saat mata manusia pertama kali melihat warna, manusia mulai membentuk susunan atau formula mengenai perasaan-perasaan yang terjadi terhadap warna-warna tersebut. Hal ini telah terjadi ratusan tahun keberadaan manusia, dimana artinya manusia memiliki persepsi daya ingat yang baik terhadap ruang, bentuk, pola, dan warna (Eiseman, 2000).

Keluarga warna merah distimulasikan dengan segala jenis “selera”, merah mampu membangkitkan “selera” manusia secara cepat. Beberapa penikmat warna melihat merah sebagai pembangkit selera, dinamis, menarik, penggoda, dan memberikan semangat. Merah juga terlihat sebagai warna paling menggoda (sexy) diantar warna-warna lainnya dan merah menjadi si “pemikat” di dunia pemasaran.

Warna merah dengan tint (pink) dan shade (burgundy), memberikan makna, efek psikologis dan fungsi yang sangat berbeda sebagai makna warna dalam emosi
Warna merah dengan tint (pink) dan shade (burgundy), memberikan makna, efek psikologis dan fungsi yang sangat berbeda.

Melihat makanan atau minuman berwarna merah, mampu membangkitkan rasa lapar dan haus kita sehingga ingin mencicipi. Begitu pula jika melihat benda berwarna merah, mata kita cendrung cepat melihat dan ingin memiliki. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila seorang gadis berbaju merah, mudah mendapatkan perhatian dari lawan jenisnya.

Gradasi warna merah menuju hitam yang sering disebut dengan burgundy (nuansa warna anggur) merupakan warna yang mencerminkan kegembiraan dari warna asalnya, tetapi warna-warna ini lebih tenang. Burgundy memberikan kesan megah, mewah, mahal, dewasa, anggun, kekuasaan, lebih menenangkan dari pada merah terang.  Burgundy menjadi pilihan yang tepat untuk produk-produk mahal seperti otomotif.

Variasi Pink dengan tingkat lightness dan brightness yang berbeda memberikan makna, efek psikologi dan fungsi yang berbeda sebagai makna warna dalam emosi
Variasi Pink dengan tingkat lightness dan brightness yang berbeda memberikan makna, efek psikologi dan fungsi yang berbeda.

Sementara itu, gradasi merah menuju putih memberikan nuansa yang disebut pink (nuansa merah muda). Nuansa pink memiliki beberapa efek terhadap suasana hati. Pink terang atau yang sering disebut shocking atau hot pink memiliki tingkat kesan energik dan semangat yang sama tingginya dengan merah primer. Warna-warna pink terang ini terlihat energik, muda, dan menciptakan getaran-getaran serta liar.

Mereka menyenangkan, menarik, tetapi memiliki resiko cukup tinggi untuk digunakan karena warna-warna ini sering dipersepsikan dengan hal-hal yang negatif. Pink terang juga memberikan efek kurang mewah, terlihat kurang menyenangkan (norak). Warna-warna seperti ini merupakan warna favorit untuk dunia kosmetik, karena mereka mampu menarik perhatian pada pembelian.

Variasi Burgundy dengan kadar merah yang berbeda memberikan makna, efek dan fungsi yang berbeda sebagai makna warna dalam emosi
Variasi Burgundy dengan kadar merah yang berbeda memberikan makna, efek dan fungsi yang berbeda.

Magenta atau pink fuchsia (paduan merah dengan ungu) dirasakan lebih “dewasa” karena warna ini terlihat sensual dan dramatis. Dusty pink (pink pucat) dan mauve (pink ungu pucat) terlihat lebih lembut, halus, dan sentimentil. Pink memberikan kesan rasa dan bau yang manis.

Produk-produk seperti makanan, minuman, dan kosmetik, minyak wangi, perlengkapan mandi disarankan untuk menggunakan pink muda agar memberikan kesan manis. Pink dan rose (mawar merah muda) terkesan segar, warna yang optimis. Pink banyak digunakan untuk produk kesehatan, kosmetik, terutama klinik kesehatan kulit karena pada kenyataannya kulit berwarna pink terlihat lebih sehat dan segar.

Kombinasi warna merah dengan berbagai Tones sebagai makna warna dalam emosi
Kombinasi warna merah dengan berbagai Tones

Keluarga warna merah paling banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan dan kepentingan. Warna merah mudah terlihat, sangat menarik perhatian. Dari warna-warna panas lainnya, warna merah memiliki ragam warna terbanyak. Di alam semesta ini pun ternyata warna merah paling banyak terlihat (Khazanah Warna, 2011).

Makna Warna Ungu Dalam Emosi

Ungu merupakan warna jembatan antara warna hangat dan dingin, hasil percampuran merah dan biru. Ungu merupakan warna yang tidak biasa (langka) di alam. Pada zaman kuno, orang menggunakan spesies tertentu dari kerang untuk menciptakan pewarna ungu. Keluarga warna ungu berkaitan dengan spiritialitas dan imajinasi. Hal ini merangsang imajinasi dan mengilhami cita-cita yang tinggi. Ungu merupakan warna yang intorspektif, yang mampu menghubungkan manusia dengan pikiran yang lebih dalam.

Dalam keluarga ungu (purple) terdapat 2 kategori besar, yaitu ungu (purple / ungu merah) dan nila (violet / ungu biru). Perbedaan antara nila dan ungu itu terlihat pada spektrum cahayanya, atau pelangi. Sementara ungu hanyalah sebuah campuran warna merah dan biru, nila terlihat tertinggi getaran di spektrum.

Violet (Nila - Ungu Kebiruan), Purple-(Ungu - Ungu Kemerahan) sebagai makna warna dalam emosi
Violet (Nila - Ungu Kebiruan), Purple-(Ungu - Ungu Kemerahan)

Keduanya mengandung energi dan kekuatan merah dengan spiritualitas dan integritas biru. Perpaduan ungu dan nila seperti perpaduan badan dan jiwa yang menciptakan keseimbangan antara spiritual dan energi rohani manusia. Secara garis besar, masyarakat Indonesia menyebut kedua warna ini dengan kata yang sama, yaitu ungu.

Variasi Ungu yang memberikan visual, makna, efek psikologi dan fungsi yang-berbeda sebagai makna warna dalam emosi
Variasi Ungu yang memberikan visual, makna, efek psikologi dan fungsi yang-berbeda

Setiap warna dalam keluarga ungu seperti halnya keluarga warna-warna lainnya, kadar unsur putih (tint), abu-abu (tone), dan hitam (shade) pada warna mempengaruhi warna itu sendiri secara visual, makna, efek psikologis, dan tentunya fungsi.

Kombinasi warna Ungu sebagai makna warna dalam emosi
Kombinasi warna Ungu


Keluarga ungu (purple dan violet) tidak terlalu banyak digunakan dalam kombinasi warna. Terlalu banyak menggunakan ungu kebiruan dapan menciptakan mood depresi. Sebaliknya, penggunaan ungu kemerahan dalam jumlah banyak, dapat menciptakan suasana “murahan”. Ungu merupakan salah satu warna yang harus digunakan dengan sangat hati-hati dan dalam jumlah yang sedikit.

Makna Warna Jingga Dalam Emosi

Perbedaan budaya di dunia ini memberikan pola perbedaan pada warna, dan juga menjadi penanda beberapa nama warna, yang sangat berbeda dari spectrum warna pada umumnya (Azizah. Dinamika Kebudayaan Vol XI No. 1, 2009:20).

Di negara barat, warna jingga (orange) diasosiasikan dengan musim gugur atau pijaran sinar matahari terbenam (temaram); bercahaya dan sangat penting. Dalam tingkat keterangan yang cukup tinggi, warna ini terlihat tidak serius, bermain, kekanak-kanakan, dan bahagia. Jingga memiliki beberapa makna merah, tempramen, lebih ceria dibandingkan kuning.

Jingga merupakan warna yang tepat untuk warna mainan yang tidak mahal, terbuat dari plastik. Untuk sampul buku cerita panjang (novel) dengan target anak muda, warna ini sangat cocok. Dalam dunia desain grafis, warna jingga memberikan kesan bising, komedi, dan kartun, sehingga warna jingga bukan pilihan yang tepat untuk menyampaikan pesan yang serius.

Nuansa warna Jingga dalam berbagai variasi Tints, Tones dan Shades sebagai makna warna dalam emosi
Nuansa warna Jingga dalam berbagai variasi Tints, Tones dan Shades

Jingga terang terkesan sangat ramai dan bising, dalam tinggat keterangan tertinggi, jingga merupakan warna yang sulit digemari. Namun disisi jual beli, warna jingga terang memiliki keuntungan karena mudah mendapatkan perhatian, sehingga mudah dilihat.

Kombinasi jingga dengan merah dan kuning sering digunakan untuk pembangkit selera makan. Umumnya restoran cepat saji menggunakan kombinasi warna hangat ini (merah, kuning, dan jingga) untuk meningkatkan selera makan orang dengan seketika. Kombinasi warna-warna hangat ini sekarang banyak digunakan dan dilihat di sekitar lingkungan. Jauh dari fungsinya sebagai pembangkit selera, kombinasi warna ini juga dipakai untuk rambu-rambu lalu lintas di jalanan karena mudah dilihat dan memberikan efek peringatan yang cepat.

Gradasi warna jingga ke putih seperti peach (persik), apricot, coral, dan melon memberikan asosiasi yang menyenangkan. Warna-warna lembut ini menyenangkan untuk mata yang jeli dan tampil mewah. Nuansa warna-warna ini berkesan mendidik, akrab, menyentuh, sama hal nya dengan buah persik bludru, kita harus merabanya untuk mencicipi.

Kombinasi warna Jingga dengan berbagai Tones sebagai makna warna dalam emosi
Kombinasi warna Jingga dengan berbagai Tones

Nuansa buah persik (peach) sangat cocok digunakan untuk produk-produk kesehatan, ruang makan, pengelola makanan dan kemasan makanan karena warna persik menciptakan rasa selera dengan halus dan selalu diasosiasikan dengan kenikmatan. Penambahan nuansa merah muda (rose), warna persik disarankan digunakan untuk bidang kecantikan, makeup salon, benda-benda dan kemasan kecantikan.

Warna jingga (orange) pada diambil dari buah jeruk. Beberapa variasi warna jingga selain yang telah disebutkan diatas, dapat pula diambil dari wortel, nuansa matahari terbenam (temaram), binatang laut (ikan), dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang Makna Warna Dalam Emosi, semoga memicu semangat Anda berkreasi dengan warna. Jangan lewatkan pembahasan menarik yang lainnya :
  • Untuk memperoleh warna tertentu, dapat dilakukan dengan mencampur warna (color mixing). Warna tertentu yang dikehendaki itu dapat diperoleh dari percampuran dua atau beberapa warna. Pembahasan selengkapnya silakan membaca Teknik Mencampur Warna.
  • Warna adalah sesuatu yang ajaib, sangat menyenangkan untuk dilihat atau dinikmati, walau terkadang sulit untuk diutarakan. Alasan utama adalah karena kalimat yang digunakan untuk mendeskrepsikan sebuah warna seringkali tidak jelas dan salah difahami.Simak ulasan selengkapnya pada Mengenal Permainan Warna.
Dan berbagai pembahasan unik dan menarik lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel