Pengertian Ilustrasi

Pendapat umum tentang pengertian ilustrasi yang lebih sering digunakan dalam pembahasan, umumnya adalah suatu proses penggambaran sesuatu, sebagai bagian dari proses komunikasi visual. Komunikasi visual disini merupakan suatu proses komunikasi yang bisa direspon dengan indera penglihatan. Komunikasi visual ini umumnya dipakai di media komunikasi, pada khususnya media cetak, yang biasanya bisa berupa tipografi, ilustrasi, layout, fotografi, dan sebagainya.

Contoh karya Fotografi dengan tema langit di ufuk timur
Contoh karya Fotografi

Dalam kategori ilustrasi visual, yang di maksud disini adalah suatu gambar yang dapat berupa foto atau lukisan yang berfungsi untuk membantu memperjelas isi sebuah buku, karangan, artikel, dan sebagainya, dapat juga dikategorikan sebagai suatu gambar, desain, diagram untuk penghias halaman sampul.

Bila mengambil penjelasan dari Wikipedia bahasa Indonesia sebagai ensiklopedia bebas, Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan tehnik gambar, lukisan, fotografi atau tehnik seni rupa lain yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.  Yang umumnya bertujuan menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi atau informasi tertulis lainnya, dengan harapan tulisan tersebut akan lebih mudah dicerna atau dipahami dengan bantuan visual tersebut.

Bila ditilik dari asal katanya sendiri yang berasal dari bahasa latin yaitu ilustrate, mempunyai arti untuk menjelaskan. Sedangkan dalam bahasa Inggris, illustration memiliki arti menghiasai dengan gambar.

Dari pernyataan tadi, bisa disimpulkan bahwa ilustrasi adalah gambar yang berfungsi sebagai penghias serta membantu menjelaskan suatu teks, kalimat, naskah dan lain sebagainya pada buku, majalah, iklan dan sejenisnya sebagai media untuk mempermudah pengamat agar memahami maksud yang akan disampaikan di tulisan tadi. Sehingga gambar maupun foto ilustrasi pada dasarnya memiliki karakter mengutamakan fungsi gambar atau foto tadi sebagai bahasa yang menerangkan dan memperjelas suatu hal atau keadaan.

Pengembangan tentang ilustrasi ini juga bisa disebutkan sebagai suatu gambar yang melengkapi suatu rangkaian artikel, rangkaian tulisan, rangkaian cerita, bisa juga menjadi gambar yang bisa menjelaskan suatu prosedur, atau suatu proses. Ilustrasi ini bisa merupakan penjelasan dengan jujur dan sesuai dengan fakta yang dijelaskan atau dibahas dalam suatu rangkaian narasi atau tulisan artikel, namun bisa hanya berupa gambar perwakilan atau mengandung arti yang bersifat simbolis saja.

Gambar yang melengkapi artikel sebagai pengertian ilustrasi
Gambar yang melengkapi artikel

Ilustrasi kadang merupakan bentuk visual dari teks atau ungkapan yang secara simbolik melengkapi dan menjelaskan teks atau narasi tadi. Dengan menggambarkan suatu adegan dalam sebuah cerita, gambar ilustrasi dapat menerangkan secara umum karakter atau penggambaran dari isi suatu cerita.

Selain itu, ilustrasi berfungsi untuk menarik pembaca agar tertarik untuk membaca suatu cerita. Sebuah ilustrasi yang dipaparkan dalam sebuah majalah berfungsi sebagai pendukung estetik dari sebuah cerita. Selain fungsi tersebut, ilustrasi juga  dapat mewakili perwatakan  cerita yang ditampilkan, ada korelasi antara visual dan latar belakang cerita.

Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.

Fungsi khusus ilustrasi antara lain:

  • Memberikan bayangan setiap karakter di dalam cerita
  • Memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah
  • Memberikan bayangan langkah kerja
  • Mengkomunikasikan cerita.
  • Menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia.
  • Memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan.
  • Dapat menerangkan konsep yang disampaikan

Kadang untuk kebutuhan dan tujuan tertentu, ilustrasi melengkapi suatu tulisan untuk mengantisipasi atau untuk menindak lanjuti pengamat yang mungkin memiliki keterbatasan dalam memahami rangkaian tulisan, misalnya untuk anak-anak, antara lain dalam buku pelajaran awal untuk anak yang belum menguasai bagaimana untuk membaca, atau orang yang buta aksara. Dan bahkan untuk mendukung golongan pengamat yang mengalami kesulitan untuk  membayangkan suatu prosedur atau suatu proses dalam kepentingan tertentu, misalnya dalam kartu-kartu Keselamatan Penerbangan.

Ilustrasi pada buku pelajaran awal untuk anak sebagai pengertian ilustrasi
Ilustrasi pada buku pelajaran awal untuk anak

Bentuk dan kebutuhan ilustrasi ini kadang bisa disesuaikan dengan penjelasan apa yang dibutuhkan misalnya karikatur dan distorsi biasanya sering dipakai untuk mewakili sindiran politik dan pengkreasian elemen visual yang menarik dan kreatif untuk tujuan periklanan.

Konsep ilustrasi bisa ditinjau kembali ke masa silam melalui lukisan dinding prasejarah dan konsep tulisan hierioglif.

Masa keemasan ilustrasi Amerika Serikat berlangsung pada tahun 1880, setelah perang dunia I. Hal ini terjadi seiring dengan populernya surat kabar, majalah, dan buku berilustrasi yang memungkinkan adanya eksperimen teknik oleh senimannya. Pada saat inilah banyak ilustrator yang menjadi kaya dan terkenal. Tema yang banyak muncul adalah aspirasi bangsa Amerika saat itu.

Di Eropa, seniman pada masa keemasan dipengaruhi oleh kelompok Pre-Raphaelite dan gerakan-gerakan yang berorientasi kepada desain seperti Arts and Crafts Movement, Art Nouveau, dan Les Nabis. Contohnya Walter Crane, Edmund Dulac, Aubrey Beardsley, Arthur Rackham dan Kay Nielsen.

Contoh Karya Walter Crane sebagai pengertian ilustrasi
Contoh Karya Walter Crane

Pada masa kini, ilustrasi semakin berkembang dengan penggunaan banyak software pembantu sepertiAdobe Illustrator, Photoshop, CorelDraw, dan CAD. Namun ilustrasi tradisional yang dibuat dengan tangan tetap memiliki nilai yang tinggi.

Di Indonesia, sejarah tradisi ilustrasi dapat merujuk kepada lukisan gua yang terdapat di Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan dan di pulau Papua. Jejak ilustrasi yang berumur hampir 5000 tahun itu menggambarkan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota. Selain lukisan gua, wayang beber dalam hiburan tradisional Jawa dan Bali dilihat sebagai ilustrasi yang merepresentasikan alur cerita kisah Mahabarata, tradisi yang kira-kira muncul bersamaan dengan berdirinya kerajaan Sriwijaya yang menganut agama Hindu di Pulau Sumatera bagian Selatan.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Ilustrasi, semoga semakin mempertajam daya imajinasi Anda. Silakan membaca pembahasan menarik lainnya....


  • Dalam desain grafis juga memiliki prinsip sebagaimana pada manusia, seseorang dikenal karena prinsipnya, prinsip utama harus ditampilkan pada sebuah desain grafis sehingga karya tersebut komunikatif, sedangkan unsur yang lainnya ditampilkan sekedarnya saja, tidak mengalahkan unsur utama. Semua itu tergantung selera desainer grafis, klien dan khalayak yang menjadi sasaran pesan. Ulasan selengkapnya silakan membaca Prinsip dan unsur desain grafis.
  • Jika kita berniat sekadar mencoba terjun ke dalam dunia fotografi, maka kita harus mengetahui elemen dasar yang terpenting, yaitu pencahayaan. Selain untuk menerangi objek foto, pencahayaan juga bertujuan menentukan feel atau mood dari sebuah foto, juga menentukan bagian detil yang akan ditonjolkan pada sebuah foto. Simak selengkapnya pada artikel Berlatih pencahayaan dasar pada fotografi.


Dan masih banyak artikel unik dan menarik yang lainnya. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel