Ilmu Yang Harus Dimiliki Desainer Grafis

Setelah mengetahui apa saja hasil karya desain grafis dan begitu pula arti desain grafis, saatnya kita akan membahas apa saja Ilmu Yang Harus Dimiliki Desainer Grafis. Bekal ilmu atau ketrampilan tersebut antara lain : Nirmana, Typografi, Pewarnaan, Software, Scetch dan Kemampuan umum.

Karya Desain Grafis sebagai ilmu yang harus dimiliki desainer grafis
Karya Desain Grafis

Penjelasan secara global adalah sebagai berikut.....

1). Nirmana. Nirmana adalah ilmu yang mempelajari tentang elemen-elemen desain grafis beserta prinsip-prinsip desain grafis. Didalamnya kita akan mempelajari tentang garis, bentuk, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya.

2). Typografi. Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

3). Pewarnaan. Pewarnaan penting bagi pencitraan hasil karya desin grafis, karena dengan warna seseorangan akan memahami estetika dari gambar yang kita buat. Warna masuk dalam ilmu nirmana tetapi sebegitu pentingnya sehingga pewarnaan saya buat point tersendiri.

4). Software. Software adalah pendukung dari apa yang bisa Anda hasilkan, dilihat dari bidangnya software desain terbagi menjadi dua sofware pengolah grafis 2 dimensi dan pengolah grafis tiga dimensi. Menurut medianya terbagi menjadi tiga, yaitu media cetak, digital dan multimedia.

5). Scetch. Lebih mudah dinamai dengan menggambar dengan tangan. Kemampuan menggambar tidak begitu mempengaruhi hasil karya Anda dalam bidang desain grafis, namun orisinalitas dalam menggambar manual akan sangat terasa dan efeknya adalah memudahkan Anda dalam mengolah karya desain menggunakan software.

6). Kemampuan umum. Kemampuan umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang website ( website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce untuk menjual karya desain dsb ).

Pilar keilmuan yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis antara lain :
  1. Wawasan Teknologi.
  2. Wawasan Sains.
  3. Wawasan Seni.
  4. Wawasan Sosial dan Budaya.
  5. Wawasan Filsafat dan Etika

Demikian pembahasan tentang Ilmu Yang Harus Dimiliki Desainer Grafis, semoga bermanfaat. Silakan membaca ulasan penting yang lainnya.....
  • Dalam desain grafis juga memiliki prinsip sebagaimana pada manusia, seseorang dikenal karena prinsipnya, prinsip utama harus ditampilkan pada sebuah desain grafis sehingga karya tersebut komunikatif, sedangkan unsur yang lainnya ditampilkan sekedarnya saja, tidak mengalahkan unsur utama. Semua itu tergantung selera desainer grafis, klien dan khalayak yang menjadi sasaran pesan. Pembahasan selengkapnya pada Artikel Ini.
  • Cara desain grafis yang baik antara lain : memiliki konsep, komunikatif, sebagai satu kesatuan, menggunakan maksimal 3 jenis huruf dari keluarga yang sama, memananfaatkan focal point, menggunakan warna sesuai kebutuhan dan sebagainya. Secara lebih rinci sebagaimana dijelaskan pada pembahasan di bawah ini. Simak selengkapnya Di Sini.
Juga artikel yang unik dan menarik lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel