Kerajinan Tangan Daerah Jawa Barat

Halo Kawan...disini kami hadairkan pembahasan tantang Kerajinan Tangan Daerah Jawa Barat. Sebenarnya cukup banyak jenisnya, yang kami bahas kali ini hanya yang populer saja, diantaranya: Batik Cirebon, Wayang Golek, Anyaman Bambu, Seni ukir, Seni Topeng, dan Batik Majalengka.

Oke Kawan..mari kita nikmati penjelasannya...

Batik Cirebon
Motif batik yang ada di Jawa  Barat secara umum sangat identik dengan motif  alam,  tumbuhan,  dan  binatang.  Kali  ini  arsip  kula  menyimpan  sedikt ulasan beberapa motif batik daerah Jawa barat.

Batik Cirebon

Batik  Cirebon  termasuk  kedalam  kelompok  batik  Pesisiran,  namun  juga sebagian  batik  Cirebon  termasuk  dalam  kelompok  batik  keraton.  Besarnya pengaruh dua keraton (Kasepuhan dan Kanoman), sehingga lahirlah Motif batik Cirebonan Klasik antara lain: motif Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris,  Patran Kangkung, Singa Payung, Singa Barong, Banjar  Balong,  Ayam Alas, Sawat Penganten, Katewono, Gunung Giwur, Simbar Menjangan, Simbar Kendo dan lain-lain.

Batik  Cirebonan  Pesisiran  sangat  dipengaruhi  oleh  karakter  masyarakat pesisiran  yang  pada  umumnya  memiliki  jiwa  terbuka  dan  mudah  menerima pengaruh budaya asing. Berikut cara pembuatan Batik Cirebon.

Proses  pembuatan  batik  Cirebon  memiliki  sembilan  tahap  pembuatan sebagaimana di bawah ini.
  • Potong : Pemotongan bahan baku sesuai dengan kebutuhan.
  • Angetel : menghilangkan kanji dari bahan baku (biasanya kain mori atau katun) dengan  cara  membasahi  mori  tersebut  dengan  larutan :  minyak  kacang,  soda abu, tipol dan air secukupnya. Lalu larutan tersebut diratakan ke seluruh bahan baku, setelah rata dijemur sampai kering lalu beri larutan kembali dan dijemur lagi. Proses ini diulang-ulang sampai tiga minggu lamanya lalu di cuci sampai bersih.  Proses  ini  agar  zat  warna  bisa  meresap  ke  dalam  serat  kain  dengan sempurna.
  • Anglengreng : Menggambar langsung pada kain.
  • Isen-isen : memberi variasi pada ornamen (motif) yang telah di lengreng.
  • Nembok : menutup ngeblok bagian dasar kain yang tidak perlu diwarnai.
  • Ngobat : Mewarnai batik  yang sudah ditembok  dengan  cara  dicelupkan  pada larutan zat warna.
  • Anglorod : Menghilangkan lilin dengan cara direbus dalam air mendidih.
  • Angumbah : setelah lilin lepas dari kain, lalu dicuci sampai bersih.
  • Pe : Pengeringan kain batik yang telah dicuci dengan cara dijemur.


Teknik pembuatan
Teknik  pembuatan  batik  Cirebon  diantaranya  adalah  dengan  membuat  garis tipis-tipis atau garis kontur pola (Cirebon: Wit) pada kain yang akan dibatik. Garis wit ini sangat tipis tetapi memiliki warna yang lebih tua dibandingkan warna kain yang akan dibatik. Pengerjaan pembuatan garis wit pada kain dalam bahasa Cirebon disebut Anglengreng  ("menggambar  pola").

Pada  proses  pengerjaannya,  penggambar  pola atau tukang  lengreng  hanya menggambar  satu  goresan garis  wit.  Dengan  demikian, pada tahapan selanjutnya (nembok atau menutup bagian dasar kain yang tidak perlu diwarnai),  pembuat  tembok  harus  membuat  sendiri  garis  wit  tersebut.  Hal  ini  yang menyebabkan  seorang  pembuat  tembok  harus  memiliki  keahlian  khusus  agar terbentuk pola batik sesuai dengan yang diinginkan.

Wayang Golek
Wayang Golek  adalah suatu  seni  tradisional  sunda pertunjukan wayang  yang terbuat dari  boneka  kayu,  yang  terutama  sangat  populer  di  wilayah  Tanah  Pasundan,  Daerah penyebarannya  terbentang  luas  dari  Cirebon  di  sebelah  timur  sampai  wilayah  Banten  di sebelah barat, bahkan di daerah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat sering pula dipertunjukkan pergelaran Wayang Golek.

Wayang Golek sebagai kerajinan tangan daerah jawa  barat
Wayang Golek

Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat populer, terutama di pulau Jawa dan Bali.  Orang  sering  menghubungkan  kata  “wayang”  dengan  “bayang”,  karena  dilihat  dari pertunjukan wayang kulit yang memakai layar, dimana muncul bayangan-bayangan.

Di Jawa Barat, selain dikenal wayang kulit, yang paling populer adalah Wayang golek . Istilah golek dapat merujuk kepada dua makna, sebagai kata kerja kata golek bermakna 'mencari', sebagai kata benda golek bermakna boneka kayu. Berkenaan dengan wayang golek, ada dua macam diantaranya wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa yang ada di daerah Sunda.

Kecuali  wayang  orang  yang  merupakan  bentuk  seni  tari-drama  yang  ditarikan  manusia, kebanyakan  bentuk  kesenian  wayang  dimainkan  oleh  seorang  dalang  sebagai  pemimpin pertunjukan  yang  sekaligus  menyanyikan  suluk,  menyuarakan  antawacana,  mengatur gamelan mengatur lagu dan lain-lain.

Anyaman Bambu.
Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya  untuk  membuat  keranjang  atau  perabot.  Anyaman  seringkali  dibuat  dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun serat plastik juga dapat digunakan. Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman, misalnya inti batang tebu atau rotan atau  keseluruhan  ketebalan  tanaman,  seperti  misalnya  dedalu.

Anyaman Bambu sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Anyaman Bambu

Bahan  lainnya  yang terkenal digunakan sebagai anyaman adalah gelagah dan bambu. Biasanya rangkanya dibuat  dari  bahan  yang  lebih  kaku,  setelah  itu  bahan  yang  lebih  lentur  digunakan untuk  mengisi  rangka.  Anyaman  bersifat  ringan  tapi  kuat,  menjadikannya  cocok sebagai  perabot  yang  sering  dipindah-pindah.  Anyaman  sering  digunakan  untuk perabot di beranda dan teras.

Aneka  ragam  benda  kerajinan  dari  anyaman  bambu  khas  Tasikmalaya  telah dikenal  oleh  masyarakat  Jawa  Barat  maupun  wilayah-wilayah  lain  di  Indonesia, bahkan mancanegara.

Pusat  penjualannya  di  Rajapolah  merupakan  salah  satu  tujuan  wisata  paling populer di Tasikmalaya. Wisatawan maupun penduduk lokal selalu antusias setiap kali mengunjungi toko-toko di sana.

Produk-produk  anyaman  bambu  yang  banyak  diminati  adalah  sandal-sandal cantik beraneka model, tas-tas indah yang berwarna-warni dan diberi aksesori, kotak-kotak seserahan untuk keperluan lamaran, macam-macam keranjang atau wadah, dan lain-lain.

Seni Ukir
Seni  ukir  atau  ukiran  merupakan  gambar  hiasan  dengan  bagian-bagian  cekung  ( kruwikan ) dan bagian-bagian cembung ( buledan ) yang menyusun suatu gambar yang indah. Pengertian  ini  berkembang  hingga  dikenal  sebagai  seni  ukir  yang  merupakan  seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. Sebagai contoh cara membuat seni ukur kayu dan peralatan untuk mebuat seni ukir kayu adalah sebagai berikut :

Seni  ukir sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Seni  ukir

Peralatan bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat seni ukir kayu antara lain :
  • Gergaji :  Biasa  digunakan  untuk  memotong  kayu,  pilihlah  gergaji  yang  sesuai  untuk mempermudah dalam melakukan pemotongan.
  • Alat Pahat : alat ini biasa digunakan untuk memahat yaitu membentuk sebuah kayu menjadi bentuk rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan.
  • Bor : alat ini biasa digunakan untuk mempermudah dalam melubangi kayu.
  • Lem : lem digunakan untuk penempelan jika waktu pemahatan ada yang patah. lem yang digunakan  adalah  lem  khusus  kayu  yang  mempunyai  daya  rekat  tinggi  untuk materi kayu. dan masih banyak lagi peralatan pendukung lainnya.
  • Proses membuat seni ukir kayu    Pertama-tama  penyiapan  bahan  baku  kayu,  umumnya  menggunakan  mesin  potong kayu dan alat pengering.    Kemudian pembentukan dibuat menggunakan gergaji dan alat pahat   Pembentukan halus atau pengukiran dengan menggunakan alat pahat    Penghalusan biasanya menggunakan amplas   Finishing biasanya dibantu dengan mesin semprot cat dan kuas untuk mewarna.


Seni Topeng
Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi  musik  kesenian  daerah.  Topeng  di  kesenian  daerah  umumnya  untuk menghormati  sesembahan  atau  memperjelas  watak  dalam  mengiringi  kesenian. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.

Seni Topeng sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Seni Topeng

Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk  karya  seni  tinggi.  Tidak  hanya  karena  keindahan  estetis  yang  dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.

Batik Majalengka
Selama ini kita mengenal kota Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta sebagai pusat batik  Indonesia.  Namun  kota  kecil  di  timur  Jawa  Barat;  Majalengka-pun  memiliki batik tersendiri. Meski belum seterkenal tetangganya yakni batik trusmi Cirebon, batik Majalengka memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan  kekhasan kota Majalengka.

Batik Majalengka ini  dipelopri oleh  Hery Soeharsono. Dalam  mendisain batik khas Majalengka,  Hery tak  luput  memasukkan  kekhasan-kekhasan  dari  kota  Majalengka. Secara umum batik Majalengka memiliki lima motif utama, yaitu Kota Angin, Lauk Ngibing, Gedong Gincu, Nyi Rambut Kasih, dan Simbar Kencana.

Motif Batik Kota Angin
Motif Batik Kota Angin sebagai kerajinan daerah jawa barat
Motif Batik Kota Angin
Motif  batik  kota  angin  ini  menunjukkan  bahwa  Majalengka  dijuluki   "kota angin" karena angin kencang selalu berhembus  sepanjang tahun di kota ini.

Motif batik lauk ngibing
Motif batik lauk ngibing sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Motif batik lauk ngibing
Secara  bahasa  lauk  ngibing  (bahasa  sunda)  berarti  ikan  menari.  Motif  ini menunjukkan bahwa warga Majalengka senang memelihara ikan di balong atau biasa juga di sebut empang.

Gedong Gincu
Gedong Gincu sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Gedong Gincu
Hampir  di  temukan  pohon  mangga  gincu  di  halaman  depan  rumah  warga Majalengka.  Itu  adalah  alasan  mengapa  salah  satu  motif  Majalengka  dinamakan gedong gincu yang berarti mangga gincu.

Motif batik Nyi Rambut Kasih
Motif batik Nyi Rambut Kasih sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Motif batik Nyi Rambut Kasih
Nyi  rambut  kasih  adalah  salah  satu  tokoh  sejarah  kota  Majalengka  .  Cukup pantas jika namnya diabadikan menjadi salah satu motif batik Majalengka.

Motif batik simbar kencana
Motif batik simbar kencana sebagai kerajinan tangan daerah jawa barat
Motif batik simbar kencana
Simbar kencana merupakan cerita rakyat kota Majalengka, tepatnya yang berasal dari  kecamatan  atau  yang  dulu  dikenal  sebagai  kerajaan  Talaga.  Kehadiran  batik Majalengka tentu saja menambah kekayaan budaya Indonesia.

Demikian pembahasan tentang Kerajinan Tangan Daerah Jawa Barat, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan pembahasan menarik yang lainnya.....
  • Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Kekayaan alam ini menghasilkan banyak bahan alam yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai produk kerajinan. Kerajinan Indonesia telah dikenal luas di mancanegara dengan bentuk yang sangat beragam, kreatif, inovatif, dan selalu berkembang mengikuti kebutuhan dan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, Indonesia dikenal sebagai negara eksportir kerajinan yang dibuat dengan proses yang lebih mengandalkan keterampilan tangan bukan hanya mesin. Pembahasan selengkapnya bisa Anda baca pada Artikel Ini
  • Keramik merupakan suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran yang pada umumnya terbuat dari tanah liat, kwarsa, feldsfar, dan serbuk kaca. Sifat keramik ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya. Di Nusantara cukup banyak daerah penghasil seni kerajinan keramik yang terkenal sampai ke mancanegara Silakan simak pembahasannya Di Sini

Dan berbagai artikel yang unik dan menarik lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kehadiran Anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel