Kerajinan Tangan Glass Painting

Kerajinan tangan Glass Painting adalah kerajinan tangan berbahan dasar kaca seperti toples, sentir, botol, dan gelas. Sejumlah daerah penghasil kerajinan glass painting di Indonesia antara lain : Malang, Surabaya, dan Bali.

Untuk bahan melukisnya digunakan outliner dengan tinta berwarna perak atau emas serta cat kaca/gelas yang bersifat transparan dari Italia dan Perancis.

Perkakas pendukungnya antara lain kuas dan thinner.

Gambar 1. Kerajinan Tangan Glass Painting
Gambar 1. Kerajinan Tangan Glass Painting

Prosesnya juga amat sederhana. Semula barang-barang tersebut dicuci sampai bersih. Kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering.Setelah itu dibuat gambar dengan memakai outliner setelah sebelumnya digambari sesuai desain yang dikehendaki.

Setelah itu disimpan beberapa saat sampai outliner-nya kering. Baru kemudian diwarnai dengan cat kaca atau cat gelas. Selesai diwarnai semua kemudian didiamkan sampai benar-benar kering catnya, selama lebih kurang 24 jam.

Gambar 2. Kerajinan Tangan Glass Painting
Gambar 2. Kerajinan Tangan Glass Paonting

Setelah kering, baru diberi lagi hiasan dekoratifnya dengan outliner. Lalu dikeringkan, setelah itu baru bisa dipajang.

Demikian pembahasan singkat Kerajinan Tangan Glass Painting, semoga bermanfaat. Silakan mengunjungi pembasan menarik yang lainnya......
  • Kulit jagung merupakan limbah pertanian dari tanaman jagung. Kulit jagung kerap kali tidak diperhatikan,bahkan dianggap sampah sehingga biasanya dibuang. Kenyataannya, sampah kulit jagung bisa disulap menjadi sangat bernilai dan bisa menerobos pasar internasional. Kulit jagung bisa menjadi bahan untuk membuat seni kerajinan tangan yang sangat unik dan menarik. Selengkapnya ada Di Sini.
  • Dengan bahan limbah plastik yang berserakan di sekitar kita dan dianggap sebagai sampah, bisa kita jadikan bahan kreasi untuk membuat seni kerajinan tangan yang mempesona  hanya dengan sedikit kreatifitas saja. Penjelasannya silakan membaca Pembahasan Ini.

Juga ide-ide kreatif lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel