Mengenal Grafis Berbasis Vektor Dan Grafis Berbasis Bitmap

Pada pembuatan media informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara.

Tidak dapat di pungkiri lagi, bahwa grafis menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software,terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.

Ilustrasi Desain Website sebagai Mengenal Grafis Berbasis Vektor Dan Grafis Berbasis Bitmap
Ilustrasi Desain Website

Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Grafis Berbasis Bitmap
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat X dan Y.

Pada desain grafis, desain dibagi menjadi 2 kelompok yakni desain bitmap dan vektor. Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya semakin besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Adapter) yang digunakan.

Foto pemandangan alam sebagai  grafis berbasis bitmap
Foto pemandangan alam sebagai  grafis berbasis bitmap

Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang berresolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar, bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak (juggy) jika dilakukan pembesaran gambar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi (dot per inch) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. Untuk lebih memahami grafis jenis bitmap .

Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi :. bmp, .jpg, .tif, .gif, dan .pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia fireworks. Semua program tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.

Selain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming).

Contoh grafis berbasis vektor
Contoh grafis berbasis vektor

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat membuat bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian, pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.

Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : Coreldraw , Macromedia free hand, Adobe Illustrator dan Micrograft designer

Perbedaan grafis vektor dan grafis bitmap
Grafis vektor
  • Gambar tetap jelas ketika di perbesar.
  • Tersusun oleh garis dan kurva.
  • Ukuran file yang dihasilkan kecil.
  • Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel.


Grafis bitmap :
  • Gambar kurang jelas ketika di perbesar 
  • Tersusun atas titik-titik/dot.
  • Ukuran file yang dihasilkan besar.
  • Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel.


Gambar vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya : SVG, EPS, dan CDR.

Software-software aplikasi yang digunakan dalam bidang desain grafis dan berbasis vekttor adalah :. Coreldraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator.

Demikian pembahasan singkat tentan Mengenal Grafis Berbasis Vektor Dan Grafis Berbasis Bitmap, semoga bermanfaat. Silakan membaca pembahasan penting yang lainnya....
  • Program pengolah grafis berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya yang dibagi menjadi beberapa kategori antara lain : aplikasi pengolah tata letak (lay out), aplikasi pengolah vektor/garis, aplikasi pengolah pixel/gambar, aplikasi Pengolah Film/Video, dan aplikasi pengolah multimedia. Simak selengkapnya pada Artikel Ini.
  • Ilmu Yang Harus Dimiliki Desainer Grafis antara lain : Nirmana, Typografi, Pewarnaan, Software, Scetch dan Kemampuan umum. Penjabarannya silakan menuju Ke Sini.

Dan berbagai pembahasan yang unik dan menarik lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel