Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Para Ahli

Komunikasi atau dalam bahasa Inggris disebut Communication berasal dari bahasa Latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang artinya “membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih”. Dalam pengertian secara khusus mengenai komunikasi itu sendiri menurut Hovland Komunikasi adalah “proses mengubah perilaku orang lain”. Banyak ahli di dunia juga memberikan sumbangan pemikiran tentang komunikasi.

Smartphone sebagai alat kenyamanan komunikasi
Smartphone

Jaman sekarang komunikasi berkembang dengan sangat pesat dan nyaman dengan hadirnya teknologi smartphone.

Berikut ini adalah pengertian Ilmu Komunikasi menurut para ahli:

a. Anwar arifin, Komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.

b. Shannon & Weaver, Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.

c. Bernard Berelson & Gary A. Steiner, Komunikasi adalah Transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.

d. Raymond S. Ross, Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

e. Harorl D. Lasswell, Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)

Berdasarkan beberapa pengertian para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang membahas proses seseorang untuk memilih atau memilah informasi sehingga dapat disampaikan kepada lawan bicara dan seseorang tersebut bisa merespon dengan apa yang kita sampaikan baik itu melalui lisan maupun tulisan seperti surat kabar, media masaa dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat tentang pengertian komunikasi menurut para ahli, semoga menambah wawasan Anda. Silakan menyimak ulasan menarik yang lainnya...
  • Pendapat umum tentang pengertian ilustrasi yang lebih sering digunakan dalam pembahasan, umumnya adalah suatu proses penggambaran sesuatu, sebagai bagian dari proses komunikasi visual. Komunikasi visual disini merupakan suatu proses komunikasi yang bisa direspon dengan indera penglihatan. Komunikasi visual ini umumnya dipakai di media komunikasi, pada khususnya media cetak, yang biasanya bisa berupa tipografi, ilustrasi, layout, fotografi, dan sebagainya. Simak selengkapnya pada Pembahasan Ini.

Dan pembahasan menarik yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel