Pengertian Menggambar, Kaitannya Dengan Seni Dan Keindahan

Menggambar adalah salah satu usaha mengungkapkan dan mengkomunikasikan pikiran, ide, gagasan, gejolak/perasaan maupun imajinasi yang bernilai ertistik dengan menggunakan garis dan warna. Menggambar dapat dilakukan oleh siapa saja dan merupakan kegiatan yang paling sederhana dengan menggunakan media kertas, pensil/ pensil warna/ krayon.

Menggambar merupakan media yang paling ekspresif yang dengan langsung dapat mengekspresikan gagasan dalam diri seseorang. Di SD pelajaran menggambar dapat dijadikan media bagi anak untuk mengungkapkan suasana hati, emosi, krativitas anak.

Menggambar menjadi bagian dari seni rupa, karena dalam penciptaanya memerlukan koordinasi mata dan tangan. Gambar diciptakan dengan mengolah unsur-unsur seni rupa seperti titik, garis, bidang, warna, dan tekstur. Menggambar melatih keterampilan motorik halus mata dan tangan. Kegiatan berkarya seni rupa dua dimensi merupakan salah satu kegiatan berkarya yang dapat diaplikasikan dalam pelajaran seni rupa di Sekolah Dasar.

Gambar Pemandangan Gunung Karya Anak SD sebagai penjelasan dari Pengertian Menggambar Dan Kaitannya Dengan Seni Dan Keindahan
Gambar Pemandangan Gunung Karya Anak SD

Menggambar kaitannya selalu erat dengan seni dan keindahan yang merupakan salah satu kebutuhan manusia. Dalam bahasa sansekerta kata seni disebut cilpa. Sebagai kata sifat, cilpa berarti berwarna, dan kata jadiannya sucilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah.

Sebagai kata benda cilpa berarti pewarnaan, arti ini kemudian berkembang sebagai segala macam keriaan yang artistic. Cilpasastra yang banyak disebut-sebut dalam sejarah kesenian adalah buku pedoman bagi para ciplin atau tukang, termasuk di dalamnya apa yang disebut dengan seniman.

Istilah seni yang disepadankan dengan kata art dalam bahasa inggris berawal dari istilah-istilah dalam bahasa latin pada abad pertengahan ars, artes, dan artista. Ars berarti teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu. Artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan/ kemahiran.

Sedangkan artista adalah anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok itu. Dari kata ars inilah yang kemudian berkembang menjadi I’arte (Italia), I’art (Perancis), Elarte (Spanyol), dan art (Inggris) dan bersamaan dengan itu artinyapun berkembang sedikit demi sedikit kearah pengertian seni.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, seni diartikan sebagai keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusan, keindahan, dan sebagainya) (Depdikbud, 1989:816). Secara sederhna Herbert Read menyimpulkan bahwa seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk yang menyenangkan berarti memuaskan rasa kesadaran kita. 

Gambar Pemandangan Pantai Karya Anak SD sebagai penjelasan dari Pengertian Menggambar Dan Kaitannya Dengan Seni Dan Keindahan
Gambar Pemandangan Pantai Karya Anak SD

Rasa indah itu tercapai bila kita bisa menemukan kesatuan atau harmoni dsri hubungsn bentuk-bentuk yang kita amati. Pengertian ini menytakan pandangan tentang seni dari segi obyektifitas (kebentukan fisik). Pengertian seni yang lain dapat dijumpai dalam Everyman Encyclopedia, yang menyebutkan bahwa seni merupakan segala sesuatu yang dilakukan orang bukan atas kebutuhan pokoknya, melainkan semata-mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan, ataupun karena kebutuhan spiritual.

Seni diartikan sebagai proses, produk, atau gagasan hasil kerja manusia yang melibatkan kemampuan kreatif, intuitif, kepekaan indra, kepekn pikir, untuk menciptakan sesuatu yang indah dan selaras. Seni digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu seni rupa, seni tari, seni music, dan seni drama. Masing-masing jenis seni tersebut memiki karakteristik yang berbeda-beda. Dalam bab ini penulis akan membahas tentang seni rupa khususnya menggambar.

Dalam dunia pendidikan terutama pendidikan anak-anak di Sekolah Dasar, pelajaran menggambar sangat berperan, terintegrasi dalam berbagai mata pelajaran menjadi elemen pokok yang membantu siswa memahami berbagai materi pelajaran non seni rupa. Seni rupa adalah cabang seni yang penerapannya terutama melalui indera penglihatan (mata).

Cara penerapan inilah yang membedakan dengan jenis seni lain, seperti seni musik yang penerapannya terutama menggunakan indera pendengaran (auditori), seni musik dan seni drama yang menggunakan penglihatan dan pendengaran untuk menikmatinya.

Karya seni rupa terbentuk dari unsur-unsur pembentuk seperti titik, garis, bidang, warna, bentuk, dan tekstur. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu pada karyakarya yang hanya untuk tujuan pemuasan ekspresi pribadi, sedangkan kriya dan desain lebih menitik beratkan pada fungsi dan kemudahan pemakaian sehingga sering disebut seni (rupa) pakai.

Gambar Ayam Karya Anak SD sebagai penjelasan dari Pengertian Menggambar Dan Kaitannya Dengan Seni Dan Keindahan
Gambar Ayam Karya Anak SD

Menurut Brookes, dalam buku karangan Cut Kamaril (1999), seni rupa adalah seni yang aktivitas penciptaanya memerlukan koordinasi mata dan tangan. Menurut sumber dari internet (http//id.wikipedia.org/wiki/seni-rupa) seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara dapat dijelaskan dalam diri seseorang yang sedang berkarya seni rupa terjadilah proses cipta, rasa, karsa, dan karya yang merupakan kegiatan mental yang selalu disertai kegiatan jasmani.

Setelah melihat pengertian seni rupa dari berbagai tokoh maka penulis menyimpulkan bahwa seni rupa adalah salah satu cabang seni yang membentu karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

Hampir setiap tempat di wilayah Nusantara ini memiliki karya seni rupa yang unik dan khas yang dikenal luas di daerah-daerah lain bahkan hingga manca Negara. Contohnya seni patung Asmat dari Papua, Seni Batik dari Jawa, Seni Rajah (tattoo) dari Kalimantan, berbagai macam bentuk rumah adat di seluruh Nusantara.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Menggambar Dan Kaitannya Dengan Seni Dan Keindahan, semoga bermanfaat. Silakan membaca pembahasan yang lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan pemahaman seutuhnya karena saling berkaitan.
Juga ulasan penting yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel