Peralatan Yang Digunakan Untuk Desain Grafis

Peralatan yang digunakan untuik desain grafs adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Pada pertengahan tahun 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafs memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan pembuatan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah.

Desain grafs dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipograf dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Seorang perancang grafs menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya dengan tangan atau komputer.

Peralatan Untuk Membuat Sketsa (Sketching)
Dalam membuat desain, harusnya terlebih dahulu membuat sketsa. Pembuatan sketsa sangatlah penting. Peralatan yang digunakan dalam pembuatan sketsa sebernangnya tergantung sketsa apa yang akan dibuat.

Peralatan Untuk Membuat Sketsa (Sketching) sebagai peralatan untuk membuat desain grafis
Peralatan Untuk Membuat Sketsa (Sketching)

Berikut adalah beberapa contoh alat yang umum digunakan untuk sketching :
  1. Pensil Clutch (pensil biasa) dan pensil mekanik
  2. Kertas Gambar
  3. Draing Pen
  4. Spidol
  5. Penggaris
  6. Penghapus, dan lain-lain.


Hardware
Dalam merubah desain tangan menjadi desain grafs tentu saja kita menggukan hardware. entah itu hardware wajib maupun hanya sebatas pendukung untuk memaksimalkan hasil kerja kita.

Hardware sebagai peralatan yang digunakan untuk desain grafis
Hardware

Berikut ini adalah hardawe yang dibutuhkann untuk desain grafs :
  1. Computer/laptop
  2. Scanner
  3. Mouse
  4. Printer
  5. Drawing Tablet


Software
Desain Grafs itu terdiri dari beragam jenis. Sebelum memulai untuk mendesain kita perlu tahu, kita akan membuat apa. Entah itu hanya gambar, video animasi, web desain atau karakter 3D. Beberapa Software yang digunakan dalam Desain Grafs antara lain :

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamfet, booklet, poster, dan lain -lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop).  Yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
  • Adobe FrameMaker
  • Adobe In Design
  • Adobe PageMaker
  • Corel Ventura
  • Microsoft Publisher
  • Quark Express


2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh obyek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
  • Adobe Illustrator
  • Beneba Canvas
  • CorelDraw
  • Macromedia Freehand
  • Metacreations Expression
  • Micrografx Designer


3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photoretouching). Semua obyek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto.

Foto Pemandangan Alam Pantai sebagai contoh  gambar yang diolah dengan program pengolah pixel
Foto Pemandangan Alam Pantai

Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat  juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel.

Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah :
  • Adobe Photoshop
  • Corel Photo Paint
  • Macromedia Xres
  • Metacreations Painter
  • Metacreations Life Picture
  • Micrografx Picture Publisher
  • Microsoft Photo Editor
  • QFX
  • Wright Image
  • Pixelmator
  • Manga studio
  • Gimp


4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah flm dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dan lain-lain) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini.

Ilustrasi Film yang diolah dengan aplikasi pengolah film
Ilustrasi Film

Yang termasuk dalam kategori ini adalah :
  • Adobe After Effect
  • Power Director
  • Show Biz DVD
  • Ulead Video Studio
  • Element Premier
  • Easy Media Creator
  • Pinnacle Studio Plus
  • WinDVD Creater
  • Nero Ultra Edition
  • Camtasia


5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.

DVD sebagai hasil karya desain grafis yang diolah dengan aplikasi pengolah multimedia
DVD

Multimedia tersebut dapat berisi flm/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
  • Macromedia Authorware
  • Macromedia Director
  • Macromedia Flash
  • Multimedia Builder
  • Ezedia
  • Hyper Studio
  • Ovation Studio Pro


6. Pengolah 3 Dimensi
3D rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh.

3D rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada flm dan program simulasi.

Terdapat banyak hasil yang dapat diperoleh dan ditampilkan dari proses 3D Rendering pada suatu sketsa wireframe, diantaranya :
  • Shading : Variasi warna dan kecerahan yang timbul pada suatu permukaan berdasarkan pencahayaan yang dilakukan.
  • Texture-Mapping ) : Detail yang muncul pada suatu permukaan.
  • Bump-Mapping : Kontur yang muncul pada suatu permukaan.
  • Fogging / Participating Medium : Bagaimana berkas cahaya berubah jika melewati udara yang tidak murni.
  • Shadows : Efek dari cahaya yang terhalang.
  • Soft Shadows : Variasi efek dari cahaya yang terhalang tidak sempurna.
  • Reflection : Refleksi yang tampak pada permukaan kaca atau gelas.
  • Transparency : Transmisi cahaya yang berbeda-beda jika melewati medium tertentu.
  • Translucency : Transmisi cahaya yang berbeda-beda jika memantul pada medium tertentu.
  • Refraction : Cahaya yang berubah arahnya karena efek transparency.
  • Indirect Illumination : Cahaya yang datang pada suatu obyek namun tidak berasal dari sumber cahaya yang sebenarnya melainkan refleksi dari permukaan objek lain.
  • Caustics : Pantulan cahaya menyilaukan yang timbul pada suatu objek.
  • Depth Of Field : Objek yang berada jauh di depan maupun di belakang objek yang menjadi fokus akan tampak buram.
  • Motion Blur : Objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi atau objek yang direkam oleh kamera yang berada dalam kecepatan tinggi akan tampak buram.
  • Photorealistic Morphing : Teknik yang memungkinkan hasil proses render objek 3D menjadi tampak terlihat lebih nyata.
  • Non Photorealistic Rendering : Teknik yang memungkinkan hasil proses render objek 3D menjadi terlihat seperti hasil lukisan atau gambar.

Berikut adalah daftar aplikasi yang digunakan untuk 3D Rendering :
  • Xara 3D
  • 3Ds Max
  • Houdini
  • Lightware
  • Blender
  • Pixar
  • Maya
  • Poser
  • Autocad
Demikian pembahasan singkat tentang Peralatan Yang Digunakan Untuk Desain Grafis, semoga bermanfaat. Silakan menambah wawasan Anda dengan pembahasan lainnya....

  • Program pengolah grafis berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya yang dibagi menjadi beberapa kategori antara lain : aplikasi pengolah tata letak (lay out), aplikasi pengolah vektor/garis, aplikasi pengolah pixel/gambar, aplikasi Pengolah Film/Video, dan aplikasi pengolah multimedia. Simak selengkapnya pada Pembahasn Ini.
  • Ilmu Yang Harus Dimiliki Desainer Grafis.  antara lain : Nirmana, Typografi, Pewarnaan, Software, Scetch dan Kemampuan umum. Simak penjabarannya pada Artikel Ini.

Dan pembahasan menarik yang lainnya. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel