Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Pakar Pendidikan

Menurut M. Sobry Sutikno (2009: 8 ) Prinsip belajar ialah petunjuk atau cara yang perlu diikuti untuk melakukan kegiatan belajar. Siswa akan berhasil dalam belajarnya jika memperhatikan prinsip-prinsip belajar. Prinsip belajar akan menjadi pedoman bagi siswa dalam belajar.

Ada delapan prinsip belajar menurut pakar pendidikan, antara lain:

 1). Belajar perlu memiliki pengalaman dasar. Pada dasarnya, seseorang akan mudah belajar sesuatu jika sebelumnya memiliki pengalaman yang akan mempermudahnya dalam memperoleh pengalaman baru.

2). Belajar harus bertujuan, jelas dan terarah. Adanya tujuan-tujuan akan dapat membantu dalam menuntun guna tercapainya tujuan.

3). Belajar memerlukan situasi yang problematis. Situasi yang problematis ini akan membantu membangkitkan motivasi belajar. Siswa akan termotivasi untuk memecahkan problematis tersebut. Semakin sukar problem yang dihadapi, semakin keras usaha berpikir untuk memecahkannya.

4). Belajar harus memiliki tekad dan kemauan yang keras dan tidak mudah putus asa.

5). Belajar memerlukan bimbingan, arahan serta dorongan. Ini akan mempermudah dalam hal penerimaan serta pemahaman akan sesuatu materi. Seseorang yang mengalami kelemahan dalam belajar akan banyak mendatangkan hasil yang membangun jika diberi bimbingan, arahan serta dorongan yang baik.

6). Belajar memerlukan latihan. Memperbanyak latihan dapat membantu menguasai segala sesuatu yang dipelajari, mengurangi kelupaan, dan memperkuat daya ingat.

7). Belajar memerlukan metode yang tepat. Metode belajar yang tepat memungkinkan siswa belajar lebih efektif dan efisien. Metode yang dipakai dalam belajar dapat disesuaikan dengan materi pelajaran yang kita pelajari juga sesuai dengan siswa (orang yang belajar) yaitu metode yang membuat dia cepat faham.

8). Belajar membutuhkan waktu dan tempat yang tepat. Karena faktor waktu dan tempat merupakan faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar.

Ilustrasi belajar sebagai prinsip-prinsip belajar menurut pakar pendidikan
Ilustrasi Belajar

Menurut Dimyati dan Mudjiono (2009: 42-50) prinsip-prinsip belajar antara lain:

1) Perhatian dan Motivasi. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhan. Selain perhatian, motivasi juga mempunyai peranan peranan penting dalam kegiatan belajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktifitas seseorang.

2) Keaktifan. Menurut teori kognitif, belajar menunjukkan adanya jiwa yang sangat aktif, jiwa mengolah informasi yang kita terima, tidak sekedar menyimpan saja tanpa mengadakan transformasi.

3) Keterlibatan Langsung. Pengalaman langsung siswa tidak sekedar mengamati secara langsung tetapi ia harus menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan dan bertanggung jawab terhadap hasilnya. John Dewey berpendapat ”learning by doing” belajar sebaiknya dialami melalui perbuatan langsung.

4) Pengulangan. Berdasarkan teori psikologi, daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamati, menangkap, mengingat, mengkhayal, merasakan, berpikir dan sebagainya. Daya-daya tersebut akan berkembang apabila ada pergaulan.

5) Tantangan. Agar anak timbul motif yang kuat untuk mengatasi hambatan dengan baik maka bahan belajar harus menantang.

6) Balikan dan Penguatan. Menurut Thordike, siswa akan belajar lebih bersemangat apabila mengetahui dan mendapatkan hasil yang baik. Karena hasil yang baik akan merupakan balikan yang menyenangkan dan berpengaruh baik bagi usaha belajar selanjutnya.

7) Perbedaan Individual. Siswa merupakan individual yang unik artinya tidak ada dua orang siswa yang sama persis, tiap siswa memiliki perbedaan satu dengan yang lain.
psikis, kepribadian dan sifat. Perbedaan itu terdapat pada karakteristik psikis, kepribadian dan sifatnya sehingga guru dalam pembelajaran yang sifatnya klasikal juga harus memperhatikan adanya perbedaan individual.

Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip belajar antara lain perubahan tingkah laku, dorongan atau motivasi, proses atau aktifitas, pengalaman, pengulangan, umpan balik, perbedaan individual.

Demikian pembahasan tentang Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Pakar Pendidikan, semoga bermanfaat. Simak juga pembahasan berikut ini demi pemahaman seutuhnya karena saling berkaitan.....



Juga pembahasan penting yang lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel