Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak

Menurut Zakarias Sukarya (2010 : 721) jenis-jenis menggambar adalah : Menggambar bentuk, Menggambar ilustrasi, Menggambar Model, ,Menggambar Ekspresi,dan Menggambar Dekoratif. Pada pembahasan kali ini, kami menekankan jenis-jenis menggambar untuk anak usia Sekolah Dasar.

Penjelasannya secara rinci adalah sebagai berikut :

1. Menggambar Bentuk

Mengambar bentuk adalah kegiatan menggambar dengan meniru kemiripan bentuk benda model yang disimpan di depan penggambar. Pemilihan objek gambar harus terprogaran secara sistematis. Benda yang digambar harus memiliki daya tarik bagi siswa, bentuknya dimulai dari bentuk yang sederhana dari benda geometris sampai benda yang bentuknya kompleks seperti rumah, sepeda, mobil dan sebagainya.

Contoh Menggambar Bentuk sebagai penjelasan Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak
Contoh Menggambar Bentuk

Prosedur pengerjaan :
  1. Tempatkan benda atau model yang akan digambar ditengah anak-anak yang akan menggambar, sehingga memungkinkan setiap siswa yang akan menggambar melihat model dengan jelas.
  2. Anak-anak menggambar benda dengan mencontoh langsung benda yang dijadikan modelnya sesuai posisi mereka.
  3. Penyelesaian akhir gambar bisa hanya hitam putih, hanya dengan pensil saja, atau dengan pensil warna.
  4. Anjurkan anak untuk sering melihat objek gambar dan mengamatinya secara seksama, dan selalu dibimbing guru.


2. Menggambar Ilustrasi

Menggambar ilustrasi adalah kegiatan menggambar dengan tujuan untuk melengkapi suatu cerita, teks, atau sebagai penjelsan visual dari suatu bagian tulisan atau pada karya ilustrasi berdiri sendiri tanpa disertai tulisan (berupa cerita fiksi atau non fiksi). Bahan yang diperlukan : kertas gambar, pensil hitam, pensil warna, spidol warna, tinta, cat air, kuas cat air.

Contoh gambar ilustrasi pemandangan alam sebagai penjelasan Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak
Contoh gambar ilustrasi pemandangan alam

Prosedur pelaksanaan :
  1. Membuat rancangan gambar sesuai dengan tema. Misalnya ilustrasi pemandangan alam di sekitar kita.
  2. Rancangan dibuat dengan pensil hitam pada kertas gambar.
  3. Penyelesaian akhir seperti pada gambar bentuk atau gambar dekorasi. Gambar cukup hitam putih menggunakan pensil hitam atau tinta, dapat juga diselesaikan dengan pensil warna. Warna dapat diambil dari pensil warna,spidol warna, atau cat air.


3. Menggambar Model

Menggambar model adalah kegiatan menggambar model benda dengan objek gambar berupa makhluk hidup. Objek benda yang digambar selalu ada di depan penggambar agar tidak menyimpang dari bentuk aslinya.

Contoh Menggambar Model Karya Anak Sekolah Dasar sebagai penjelasan Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak
Contoh Menggambar Model Karya Anak Sekolah Dasar

Namun dalam pembelajaran seni rupa di SD kemiripan karya anak dengan objek model yang digambarnya bukan menjadi tujuan utama.

4. Menggambar Ekspresi

Menggambar ekspresi merupakan ungkapan kreatif dalam bentu karya seni lewat coretan garis atau menggambar yang mengutamakan pengungkapan emosi yang dicurahkan dalam bentuk karya gambar.

Contoh gambar ekspresi sebagai ungkapan kreatif anak sebagai penjelasan Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak
Contoh gambar ekspresi

Anak-anak dapat dapat menghasilkan gambar kreatif sesuai dengan keinginannya tanpa dibatasi oleh sesuatu yang teknis.

5. Menggambar Dekoratif

Menggambar dekoratif adalah kegiatan menggambar bentuk-bentuk hiasan (ornament) pada kertas gambar, atau pada benda-benda tertentu. Sifat dekoratif pada gambar menunjukkan fungsi gambar sebagai hiasan (motif hias). Bahan dan alat yang diperlukan : kertas gambar, pewarna, kuas, pensil hitam/ pensil warna/ spidol. Bentuk gambar berupa geometris, stilasi, deformasi, atau bentuk realistis.

Gambar Dekoratif Karya Anak Sekolah Dasar sebagai penjelasan Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak
Gambar Dekoratif Karya Anak Sekolah Dasar

Prosedur pelaksanaannya :
  1. Membuat rancangan gambar berupa motif hias/ ornament pada kertas yang sudah disediakan atau benda tiga dimensi tertentu.
  2. Motif hias berupa stilasi dari alam (flora, fauna, alam benda), abstrak atau geometris.
  3. Penyelesaian akhir seperti pada gambar bentuk, hanya hitam putih saja atau berwarna. Warna yang digunakan bisa diambil dari pewarna buatan atau pewarna alam.
Demikian pembahasan tentang Jenis-Jenis Menggambar Untuk Anak, semoga bermanfaat. Silakan membaca pembahasan penting yang lainnya karena saling berkaitan.
Juga pembahasan penting yang lainnya. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel