Materi Pelajaran Menggambar Di Sekolah Dasar (SD)

Materi Pelajaran Menggambar Di SD
Materi pelajaran menggambar SD sepenuhnya mengacu pada tujuan yang dirumuskan. Pada prinsipnya materi pelajaran dapat berupa pengetahuan, teori atau praktik. Untuk tiap-tiap jenjang dan jenis pendidikan, pengetahuan materi yang diberikan tentu saja tidak sama. Bahan pelajaran pada hakikatnya adalah isi dari mata pelajaran atau bidang studi yang diberikan pada siswa sesuai dengan kurikulum yang digunakan.

Menurut Sudjana (1988: 67) ada beberapa sifat yang perlu diperhatikan dalam menetapkan materi atau bahan pelajaran yaitu: fakta, konsep, dan keterampilan. Menetapkan bahan pelajaran harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan instruksional. Setelah bahan yang ditetapkan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar artinya bagaimana bahan itu dipelajari oleh siswa.

Bahan pelajaran menggambar dapat dilakukan dengan cara siswa diminta untuk menyatakan pendapat dan gagasannya terhadap hasil karya seni rupa pada karya seni di museum, galeri atau hasil gambar siswa untuk diapresiasi. Dalam pembelajaran apresiatif ini dapat dilakukan dengan memberikan stimulus berupa karya melalui penunjukkan karya nyata, pemutaran slide atau film, pajangan karya atau pameran.

Mengajak anak menggambar dengan media yang inovatif dan merangsang kreatifitas anak. Tidak hanya dengan menggambar di dalam kelas dengan contoh gambar yang minimal saja tapi dengan mengajak anak terjun langsung untuk menggambar di lingkungan sebagai objek gambar mereka.

Materi pelajaran menggambar di kelas III SD meliputi : mengidentifikasi unsur rupa dua dan tiga dimensi, menggambar bebas, menggambar bentuk, membuat gambar ragam hias khas Nusantara, dan mengungkap pendapat tentang gambar ilustrasi cerita rakyat nusantara.

Menggambar Bentuk sebagai Materi Pelajaran Menggambar Di Sekolah Dasar (SD)
Menggambar Bentuk

Materi pelajaran seni rupa di SD yang sesuai dengan pengembangan kreativitas anak yaitu menggambar, karena menggambar merupakan karya seni rupa dua dimensional yang sangat mudah dikuasai dan dikerjakan oleh anak usia SD, guna menyatakan objek yang jauh dan dekat, karakter objek yang satu dengan lainnya dapat dicapai dengan nuan-sanuansa warna yang berbeda.

Materi pelajaran menggambar di SD lebih menekankan pada kemampuan siswa agar memperoleh kepekaan rasa, estetika, kesesuaian fungsi dan bentuk, artistik serta memiliki sikap menghargai dan menghayati. Berawal dari situlah anak dapat menyentuh dan merasakan secara langsung bagaimana mengapresiasi seni dengan dunia nyata.

Demikian sekilas tentang pembahasan Materi Pelajaran Menggambar Di Sekolah Dasar (SD), semoga bermanfaat. Silakan menyimak pembahasan lainnya karena saling berkaitan...
Dan pembahasan menarik lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel