Unsur-Unsur Menggambar

Mengembangkan ekspresi, potensi, dan kreatifitas dalam kegiatan menggambar perlu memperhatikan unsur-unsur seni menggambar. Unsur-unsur menggambar menurut Dr. Cut Kamaril adalah : titik, garis, bidang, warna, tekstur dan gelap terang. Penjelasan secara rinci sebagaimana berikut ini.

1. Titik
Titik adalah unsur seni rupa pertama yang merupakan awal dari pengembangan unsur rupa lainnya, seperti : garis, wujud/ raut, bentuk, bidang,  dan unsur-unsur rupa lain yang lebih kompleks/ rumit struktur bentuknya.

2. Garis
Garis adalah rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu. Garis terdiri dari berbagai jenis, sifat atau kualitas yang dapat digunakan dari berbagai arah untuk mengungkapkan gagasan tentang sesuatu bentuk sesuai imajinasi dan persepsi seseorang.

Macam-macam bentuk garis sebagai Unsur-Unsur Menggambar
Macam-macam benuk garis

Rangkaian beberapa garis akan menghasilkan bentuk (dua dimensi) dalam rupa gambar. Bentuk dalam pengertian tiga dimensi adalah unsur seni rupa yang trbentuk karena ruang atau volume. Contoh macam-macam bentuk garis : hal tigapuluh

3. Bidang
Bidang merupakan unsur seni rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa.

contoh macam-macam bentuk bidang sebagai Unsur-Unsur Menggambar
Contoh macam-macam bentuk bidang

Bidang dapat dibedakan menjadi 3, yaiti bigang horisontal, vertical, dan melintang.

4. Warna
Warna merupakan unsur rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Secara fisika warna terbentuk dari unsur cahaya.

Contoh skema warna sebagai Unsur-Unsur Menggambar
Contoh skema warna

Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu warna primer, sekunder, dan tersier. Warna primer (merah, kuning, biru) adalah warna pokok, bukan terbuat dari campuran warna lain.

Warna sekunder (jingga, hijau, ungu) terbentuk dari campuran warna primer dan warna primer lain. Warna tersier (ketiga) terdiri dari campuran warna sekunder dengan warna sekunder lain atau dengan warna primer.  Contoh : hal tiga satu

5. Tekstur
Tekstur adalah sifat permukaan bahan dari suatu benda atau bidang. Tekstur dapat dibedakan menjadi tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur semu pada karya seni dapat dibuat dengan teknik pulas warna, teknik cetak/ dicap, teknik tempel.

Sedang tekstur nyata dapat dibuat dengan teknik gurat, cukil, pahat, dan lain-lainnya sesuai jenis bahan yang digunakan.

6. Gelap terang
Unsur gelap terang timbul karena perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Perbedaan ini menyebabkan tingkat warna (value) yang berbeda.

Contoh gelap terang dalam karya seni gambar sebagai Unsur-Unsur Menggambar
Contoh gelap terang dalam karya seni gambar

Perbedaan unsur nada gelap terang memberikan kesan permukaan yang sempit, lebar, arah, dan efek keruangan.

Guru sebagai pengelola proses belajar mengajar perlu memahami fungsinya dalam melakukan prosedur pembelajaran di Sekolah Dasar.

Pemahaman aspek psikologis siswa, karakteristik perkembangan  siswa,pengetahuan tentang seni rupa, karakteristik, unsur-usur, fungsi serta tujuannya  perlu dipahami dan dijadikan dasar pertimbangan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dan dan hasil pembelajaran.

Demikian pembahasan tentang unsur-unsur menggambar ini semoga bermanfaat. Silakan menyimak pembahasan lainnya karena saling berkaitan.
Dan berbagai pembahasab bermanfaat yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel