Manfaat Menggambar Bagi Tumbuhkemgbang Anak Usia Dini

Banyak pakar pendidikan anak mengutarakan pentingnya kegiatan menggambar bagi anak usia dini. Melalui aktivitas menggambar, anak dapat menorehkan perasaan, mengungkapkan perasaan, mengungkapkan keinginan, dan menceritakan pengalaman. Selain itu dengan aktivitas menggambar juga bisa menumbuhkembangkan daya kreatif anak. 

Tujuan aktivitas menggambar pada pendidikan anak usia dini ini dimaksudkan agar kemampuan berolah senirupa yang diwujudkan dengan keterampilan mengungkapkan ide, gagasan, pengalaman, pengamatan kedalam goresan garis, bentuk, dan warna sesuai alat gambar yang digunakannya.

Contoh Gambar Hasil Karya Anak Usia Dini sebagai keterangan Manfaat Menggambar Bagi Tumbuhkemgbang Anak Usia Dini
Contoh Gambar Hasil Karya Anak Usia Dini
Dengan demikian pembelajaran menggambar yang sesuai untuk pendidikan anak usia dini adalah dengan jenis menggambar bebas, menggambar imajinatif, dan mewarnainya. Kegiatan menggambar dan mewarnai memberikan banyak manfaat bagi anak usia dini, antara lain: 

a. Merangsang dan membangkitkan kemampuan otak kanan 
Dengan memberikan pelajaran atau pelatihan menggambar dan mewarnai, otak kanan anak akan terasah, yang akhirnya akan membuatnya mempunyai kreativitas yang tinggi. 

b. Menumbuhkan kreativitas 
Dengan kegiatan menggambar, anak bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Lewat gambar yang dibuatnya, anak bisa menuangkan segala gagasan dan pendapat yang terpendam. Dengan demikian, sangatlah tepat jika dikatakan bahwa menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak. 

c. Membuka wawasan 
Sebagai contoh anak sedang belajar menggambar seekor kuda yang tengah merumput di kehijauan padang lapang. Dalam menggambar kuda tersebut, anak tentu akan berusaha mengetahui apa saja yang ada di sekeliling hewan tersebut. 

d. Gambar, cermin kreativitas dan kecerdasan anak 
Apapun hasil gambar yang tertuang, adalah merupakan hasil gagasan dan kemampuan anak. Jika anak mempunyai kreativitas dan kecerdasan yang tinggi, maka gambar yang dihasilkannya akan baik. Tetapi jika tidak, maka gambar akan terlihat biasa biasa saja, bahkan kualitasnya akan cenderung di bawah standar lukisan anak pada umumnya.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya kegiatan menggambar ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada anak. Di antaranya dapat melatih ingatan, media sublimasi perasaan, mengembangkan kecakapan emosional, merangsang dan membangkitkan otak kanan, membuka wawasan, serta melatih kreativitas.

Selain itu, manfaat yang tidak bisa dilihat secara langsung, anak yang mendapatkan kegiatan menggambar mengalami kegembiraan dan semangat bersekolah, disiplin positif, memiliki keterampilan membaca dan memahami bacaan, dan konsep serta penerapan konsep matematika mereka lebih maju. 

Tujuan menggambar dalam penelitian ini adalah sebagai media mencurahkan perasaan dan ide-ide/gagasan yang dimiliki anak, sebagai alat/media untuk bermain, dan sebagai alat untuk melatih serta mengembangkan kreativitas anak khususnya kreativitas menggambar.

Dan manfaat menggambar dalam penelitian ini adalah anak akan mengalami kegembiraan, anak terampil dalam menggambar, dan kreativitas menggambar anak berkembang dengan baik. 

Jenis-jenis Kegiatan Menggambar 
Kegiatan menggambar dapat dibedakan berdasarkan pada kebutuhan, fungsi dan cara pembuatannya. Pada masa sekarang ini, menggambar banyak dibutuhkan dan digunakan dalam berbagai kegiatan, dapat dicontohkan gambar yang dipergunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, dan pendidikan.

Sejalan kebutuhan tersebut, maka muncul berbagai macam jenis menggambar sesuai dengan fungsinya, antara lain:

  1. menggambar bentuk;
  2. menggambar dekoratif;
  3. menggambar ekspresif;
  4. menggambar illustratif;
  5. menggambar disain reklame; dan
  6. menggambar perspektif.


Berikut ini jenis kegiatan menggambar yang didasarkan pada cara pembuatannya, di antaranya adalah: 

a. Menggambar secara bebas sesuai alat gambar yang digunakan tanpa memakai bantuan alat-alat lain seperti mistar, jangka dan sejenisnya. Terdapat ciri gambar yang bebas, spontan, kreatif, unik dan bersifat individual. 

b. Menggambar yang dibuat dengan bantuan peralatan mistar, penggaris, jangka, busur derajat, dan sablon. Terdapat ciri yang terikat, statis, dan tidak spontan. Pembelajaran menggambar yang sesuai di Kelompok Bermain atau di Taman Kanak-kanak bukanlah menggambar yang dibuat dengan bantuan mistar dan sejenisnya melainkan adalah macam menggambar yang bersifat bebas.

Itulah yang dilatihkan kepada anak usia dini. Yang antara lain macamnya adalah melatihkan menggambar bebas, menggambar imajinatif, mewarnai gambar dan lainnya.

Dari definisi-definisi tersebut di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis-jenis kegiatan menggambar dapat dibedakan berdasarkan cara pembuatannya ataupun sesuai dengan fungsinya.

Kegiatan menggambar yang dapat diberikan pada anak usia dini antara lain: menggambar bentuk, menggambar tematis, menggambar non tematis, dan menggambar bebas. Ada pun jenis menggambar dalam penelitian ini adalah jenis menggambar bebas, menggambar bentuk dan menggambar tematis. 

Tahapan Perkembangan Kemampuan Menggambar Anak 
Pada kegiatan menggambar terdapat juga tingkat-tingkat perkembangan kepekaan yang dapat digunakan dan ditentukan sebagai pembinaan yang tepat untuk anak. Berikut ini adalah perkembangan gambar/goresan anak, yang antara lain: 

a. Scrible Stage 
Masa corengan pada usia 2-4 tahun. Diawali dengan memberi judul gambar tidak tetap sampai yakin judulnya 

b. Pre Schematic Stage 
Masa pra bagan pada usia 4-7 tahun. Diawali dengan menggambar simbol figur. 

c. Schematic Stage 
Masa bagan pada usia 7-9 tahun. Diawali dengan menggambar bentuk yang lengkap dengan cerita, sudah mulai ada perbedaan anak laki-laki dan perempuan. 

d. Pseudo-realism Stage
Masa realisme semu pada usia 9-11 tahun. Menggambar bentuk-bentuk dinamis bagi anak laki-laki dan perempuan lebih statis dengan mengungkap keadaan lingkungan non fisik.

Demikian sekilas pembahasan tentang Manfaat Menggambar Bagi Tumbuhkemgbang Anak Usia Dini, semoga bermanfaat.

Ikuti terus materi penting lainnya.........

Dan berbagai materi menggambar untuk anak lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel