Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif (Panduan Langkah Demi Langkah Lengkap)

Perspektif adalah teknik menggambar yang digunakan untuk merepresentasikan objek tiga dimensi pada permukaan dua dimensi. Dalam hal ini, mobil (3D) pada selembar kertas (2D).

Dalam perspektif, semua objek tampak semakin jauh semakin kecil dari pengamat (Anda). Dimensi mereka juga tampak lebih pendek di sepanjang garis pandang. Ini disebut foreshortening. Foreshortening tidak mempengaruhi objek di seluruh garis pandang.

Beberapa contoh perspektif adalah:

Foto jalanan kota ini. Mobil-mobil di jalan ini tampak semakin kecil. Yang di tengah terlihat sangat kecil tapi itu hanya ilusi. Selain itu, roda pada mobil nampak bukan lingkaran, tetapi elips karena efek foreshortening.

Contoh Perspektif 1


Jalur kereta api. Di foto ini, pepohonan di sisi tampak semakin jauh semakin kecil. Rel kereta terlihat semakin jauh semakin rapat dan rapat tetapi kita tahu bahwa pada kenyataannya sejajar sehingga tidak pernah saling menempel. Sekain itu - batang-batang kayu yang terpasang di bahu rel- juga tampak semakin dekat dan lebih dekat.

Contoh Perspektif 2

Unsur-unsur perspektif
Gambar perspektif memiliki tiga elemen utama yang diwakili dalam gambar di bawah ini

Garis Horizon (biru): Adalah garis yang melintasi garis pandang yang sangat jauh (dalam teori). Itu adalah objek terjauh yang dapat Anda lihat, seperti ketika Anda berada di pantai, garis di mana air dan langit bertemu adalah garis horizon. Hal ini tidak selalu memiliki tempat di gambar atau gambar yang sebenarnya, kadang-kadang hanya ada untuk referensi, seperti pada kedua gambar di sini.

Garis sejajar (merah): Garis yang berjalan di arah yang sama sepanjang garis pandang dan selalu memiliki jarak yang sama antara satu sama lain. Garis lnl adalah sebagai panduan dasar untuk menggambar objek apa pun dalam perspektif.

Vanishing point (kuning): Sebuah titik di garis horizon di mana garis-garis sejajar tampak menuju ke satu titik atau bertemu.

Unsur-unsur perspektif 1

Unsur-unsur perspektif 2

Perspektif 1 Titik
Mari lebih mengenali sudut pandang 1 titik dengan melakukan beberapa gambar kotak. Gambar kotak sejauh ini adalah cara terbaik untuk belajar perspektif. Praktikkan hal ini sesering mungkin.

Gambarlah garis horizon dan di tengah titik hilang. Ini hanya sebagai referensi, jadi gambarlah dengan ringan.
Perspektif 1 Titik 1

Gambar kotak atau persegi panjang. Anda benar-benar dapat menempatkannya di bawah (di bawah tingkat mata), di atas (di atas tingkat mata) atau pada ketinggian yang sama dengan titik hilang (setinggi mata). Ini berlaku hanya pada ketiga posisi tersebut

Perspektif 1 Titik 2

Sekarang gambar garis paralel dari setiap sudut ke titik hilang. Setiap baris sejajar dengan tiga garis lainnya.


Kita sekarang akan menetapkan berapa panjang kotak ini akan dibuat. Buatlah garis yang menyentuh dua garis sejajar. Garis ini sejajar dengan garis horizontal lainnya termasuk garis horizon.
Perspektif 1 Titik 3

Dari sinilah garis-garis ini bertemu membentuk dua garis paralel yang lebih rendah. Ini adalah sudut atas di sisi yang jauh.

Perspektif 1 Titik 4

Sekarang saatnya menyatukan titik-titik persimpangan ini (membentuk sudut yang lebih rendah di sisi yang jauh). Persegi panjang yang dihasilkan dari sini secara efektif membentuk sisi lain dari kotak. Sisi yang tidak bisa kita lihat.
Perspektif 1 Titik 5

Gambarlah garis luar kotak dengan menerapkan lebih banyak tekanan sehingga terlihat lebih gelap. Kita bisa melihat sisi depan dan atas kotak.
Perspektif 1 Titik 6

Ini adalah cara menggambar kotak dalam satu sudut pandang. Kotak itu bisa selebar dan sepanjang yang Anda inginkan.

Berikutnya adalah dua contoh kotak lainnya dalam satu titik perspektif, tetapi sekarang dengan kotak di depan dan di atas titik hilang.

Dalam hal ini, di mana kotak berada pada ketinggian yang sama dengan titik hilang (tingkat mata), kita hanya dapat melihat satu sisi saja.
Perspektif 1 Titik 7

Berikutnya adalah contoh kotak di atas titik hilang (di atas tingkat mata). Sekarang kita melihat sisi depan dan bawah.
Perspektif 1 Titik 8

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif
Oh ya! Sekarang kita akan menggambar mobil dalam satu titik perspektif.

Gambarlah garis horizon pertama dengan titik hilang dan kemudian panduan proporsi dan bentuk dasar mobil. Ini akan menjadi gambar SUV karena kita belum menggambarnya. Proporsi sangat mirip dengan truk Pick-Up, hanya pada bagian belakang sedikit lebih pendek dan kabin yang lebih besar.

Semakin Anda berpengalaman, Anda akan dapat menggambar tanpa panduan proporsi.
Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 1

I think you know where this is going. J Draw the parallel lines from each corner of the car all the way to the vanishing point. They are numbered in blue. This can get a little confusing from all the lines here.

Saya pikir Anda tahu yang harus Anda lakukan. Gambarlah garis paralel dari setiap sudut mobil sampai ke titik hilang yang diberi warna biru. Ini bisa sedikit membingungkan dari semua baris di sini.
Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 2

Sekarang pada bagian yang sulit: Tetapkan lebar mobil.

Ini dapat dilakukan dengan mempergandakan roda mobil ke arah titik hilang tetapi saya tidak melakukannya karena terlalu teknis dan, bagi saya, hal itu menghilangkan kesenangan. Lebih mudah untuk memperkirakan ukuran ini. Saat Anda berlatih Anda akan merasakan betapa luasnya mobil, tergantung pada posisi titik hilang. Gambarlah mobil menggunakan materi referensi seperti foto majalah maka Anda akan segera menguasainya.

Pertama, sisi atas. Ini pada dasarnya menggambar sisi jauh mobil.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 3

Sekarang pada sisi bawah.

Menggambar sisi yang tidak dapat kita lihat itu tidak perlu, bagaimanapun juga, kita tidak melihatnya tetapi itu membantu kita memahami lebih baik apa yang terjadi. Bagaimana jika Anda harus menggambar roda di sisi yang lain? Seperti di mobil balap roda terbuka. Itu pasti akan sangat membantu Anda.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 4

Jadi ini adalah bentuk dasar kita dalam satu sudut pandang.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 5

Saatnya membentuk bodi mobil dari bentuk kotak yang sederhana dan menentukan bentuknya sedikit lebih detail.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 6

Sekarang gambarlah jendela, kaca depan, jendela belakang, dan lengkungan roda.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 7

Setelah menggambar lengkungan roda kita bisa menggambar pintu. Gambarlah kepala dan lampu ekor. Perhatikan bagaimana hal ini membungkus sekitar sudut mobil dan sebagian kecil dari grill juga terlihat. Ini saat yang tepat untuk menggambar tepi pelek.


Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 8

Taruh lebih banyak detail di lampu depan dan lampu belakang juga di kap mesin, beberapa garis untuk memberikan beberapa dimensi. Desain tampilan pelek yang keren tambahkan ke mobil. Jangan lupa menggambar gagang pintu.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 9

Sekarang menuju langkah yang seharusnya sudah kita lakukan sebelumnya, tetapi itu bukan masalah besar.

Mari kita memberi kedalaman pada ban. Pertama, gambarlah beberapa garis sejajar dari titik hilang ke tepi setiap roda dan setelah itu gambarlah sisi roda yang jauh. Cobalah untuk tidak membuat roda terlalu lebar.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 10

Hampir selesai. Gambarlah cermin samping dan detail tapak ban agar terlihat lebih kasar.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 12

Finally, trace your drawing to get rid of all the guidelines. This is optional, you don’t have to. I actually like all the background lines, they give a “pro” look to drawings. Put some shadow under the car to make it pop out a little.

Akhirnya, lacak gambar Anda untuk menghapus semua pedoman. Ini opsional, Anda tidak harus melakukannya. Saya benar-benar menyukai semua garis latar belakang, ini memberikan tampilan "pro" untuk gambar. Letakkan beberapa bayangan di bawah mobil untuk membuat gambar semakin sempurna.

Menggambar Mobil Dalam Satu Titik Perspektif 13

Demikian Tutorial Menggambar Perspektif 1 Titik Pada Mobil (Panduan Langkah Demi Langkah Lengkap), semoga menyenangkan.

Ikuti terus tutorial asyik yang lainnya....
dan tutorial lainnya. Terimakasih atas kehadiran Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel