Menggambar Mobil (Panduan Dasar Langkah Demi Langkah Lengkap)

Selamat datang di Cara Menggambar Mobil (Panduan Langkah Demi Langkah Lengkap)

Tutorial ini adalah belajar tentang teknik dasar menggambar mobil. Ini berarti Anda tidak akan belajar cara menggambar mobil tertentu, seperti Chevy Corvette, Ford Mustang, atau BMW M5. Apa yang akan Anda pelajari di sini adalah menggambar berbagai jenis mobil sehingga Anda dapat memahami konsep-konsep umum, sehingga memungkinkan Anda untuk menggambar mobil yang Anda inginkan.

Sebelum memulai, Anda harus tahu bahwa gambar mobil membutuhkan banyak kesabaran dan dedikasi karena hasilnya tidak datang dalam semalam. Saya sarankan Anda mengikuti setiap pelajaran dan praktikkan apa yang Anda pelajari sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya.

Gambar Mobil sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Gambar Mobil

Hal lain yang sangat penting, lebih dari yang bisa saya katakan, adalah bahwa menggambar mobil bisa menjadi sangat teknis pada waktu tertentu. Ini berarti bahwa beberapa langkah membutuhkan metode menggambar yang sangat spesifik, jadi bersiaplah untuk memberikan usaha ekstra ke dalamnya jika Anda ingin melakukannya dengan benar.

Selain itu, jangan mencoba untuk menjadi sempurna, tidak apa-apa untuk sedikit menghapus di sana-sini, saya juga pemula di sini. Sebenarnya, Anda akan masih membuat kesalahan "dengan baik" di masa depan ketika Anda lebih berpengalaman.

Saya sendiri masih melakukan banyak kesalahan. Saya telah melihat desainer profesional menghapus beberapa baris yang tidak mereka sukai dan hal-hal seperti itu. Kesempurnaan bukanlah tujuan, santai sajalah melakukan kegiatan menggambar mobil ini..

Satu hal lagi: Gambar-gambar dalam turorial ini dibuat dengan program yang disebut Sketchbook Pro, yang biasa saya gunakan dalam tutorial gratis ini. Anda juga bisa menggambarnya secara manual, tanpa software tersebut.

Mengapa?

Nah, karena itu lebih mudah bagi Anda untuk memahami apa yang sedang terjadi. Seperti yang saya katakan sebelumnya, ini bisa benar-benar teknis sehingga kadang-kadang agak "berantakan" dan di atas itu saya memiliki gaya menggambar yang "berantakan".

Oke..., sekarang mari menggambar mobil. Mobil apa pun yang Anda inginkan. Simpan gambar di tempat yang aman dan di akhir latihan menggambar mobil yang sama, bandingkan kedua gambar sehingga Anda dapat melihat peningkatan Anda.

Mari kita mula. Sangat penting untuk tidak melewatkan setiap langkah apa pun.

Dasar-dasar menggambar mobil.
Anda tidak bisa langsung melompat ke dalam menggambar mobil dan mengharapkan hasil yang pertama kalinya. Anda harus tahu dulu teknik dasarnya. Ini wajib untuk berlatih sesering mungkin. Jika Anda melewatkan hal ini, kemajuan Anda akan sangat, sangat lambat.

Teknik pertama yang harus Anda biasakan adalah menggambar hal-hal yang paling mendasar:

Gambarlah lingkaran, elips, dan garis.

Apa yang sering saya lakukan adalah mengatur waktu selama sekitar 3 menit dan kadang-kadang 5 menit dan berlatih menggambar setiap elemen sampai waktu habis dan kemudian pindah ke yang berikutnya.

Semua ini harus Anda lakukan dengan kecepatan sedang. Jika coretan Anda terlalu cepat, akan lebih sulit untuk mengontrolnya dan jika terlalu lambat, akan terkesan gemetar. Gambarlah tanpa menggerakkan pergelangan tangan Anda atau menyentuh meja dengan lengan Anda.

Buat gerakan dengan bahu Anda, kecuali Anda membuat gerakan pendek dan kecil. Kedengarannya kontraintuitif dan butuh waktu untuk terbiasa, tetapi itu cara yang benar.

Jadi, masing-masing 5 menit untuk totalnya hanya 15 menit, idealnya, setiap hari. Itu waktu yang tidak banyak untuk teknik yang akan sangat membantu Anda. Kualitas garis yang bagus sangat penting.

Menggambar lingkaran dan elips akan membantu Anda dalam menggambar roda mobil yang lebih baik.

Gambarlah setiap lingkaran dan elips sekitar sepuluh kali tanpa henti dan kemudian lakukan yang lain.

Gambar Lingkaran dan Elips sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Lingkaran dan Elips

Ketika menggambar garis, saya menempatkan dua titik sekitar tujuh atau delapan inci dari satu sama lain dan kemudian mencoba untuk menghubungkan keduanya dengan garis. Anda bisa mulai dengan lima inci jika Anda mau. Untuk meningkatkan gambar presisi Anda di atas garis-garis beberapa kali.

Untuk memaksimalkan waktu dan ruang latihan saya, saya mencoba menyatukan setiap titik di kanan dengan setiap titik di kiri. Ini sebenarnya cukup "berantakan" (seperti ysng dsys katakan sebelmunya) tapi itu tidak masalah, itu hanya latihan. Dan setelah saya menyelesaikan pada selembar kertas, saya membaliknya dan juga berlatih di sisi yang lain.

Gambarlah juga garis lengkung/kurva. Ini sedikit lebih sulit karena Anda harus menghubungkan lebih banyak titik dengan garis yang sama, tiga atau empat titik. Yang ini sebenarnya cukup sulit pada awalnya. Ini yang saya rasakan. Seperti yang Anda lihat saya masih tidak bisa melakukannya dengan benar setiap saat.

Gambar Garis Dan Kurva sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Garis dan Garis Lengkung

Ketika memilih alat menggambar, gunakan apa pun yang Anda rasa paling nyaman; pensil, pena, spidol, bahkan krayon jika Anda menyukainya.

Anda juga dapat menggunakan penggaris dan stensil jika tersedia. Cobalah untuk tidak menggunakan alat terlalu banyak, sangat penting untuk membangun kemampuan tangan bebas Anda.

Proporsi Mobil
Definisi proporsi yang cepat dan sederhana adalah sebagai berikut: Ukuran elemen-elemen yang berbeda dari suatu objek dan hubungan di antara elemen tersebut.

Selanjutnya saya akan menjelaskannya dalam bahasa gambar:

Setiap mobil memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dan untuk menggambar ini dengan benar kita membutuhkan referensi. Referensi itu adalah roda mobil itu sendiri.

Gambar di bawah ini menunjukkan roda mobil dalam warna hitam. Lingkaran merah adalah ukuran yang sama dari roda hitam dan kami akan menggunakan ini untuk mengukur elemen-elemen mobil yang berbeda, ini adalah apa yang saya maksud dengan "referensi", roda adalah unit ukuran kami.

Jadi, ini akan menjadi panduan proporsi kami.

panduan proporsi sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Panduan Proporsi

Gambar berikutnya menunjukkan panduan proporsi dan bentuk kasar mobil keluarga empat pintu berwarna biru yang akan dapat kami ukur dengan lingkaran merah.

Gambar Panduan proporsi dan bentuk kasar mobil keluarga empat pintu
Panduan proporsi dan bentuk kasar mobil keluarga empat pintu

Unsur-unsur mobil yang akan kita ukur (gambar di bawah) adalah :
1 Ground clearance: Adalah jarak antara tanah dan lantai mobil.

2 Wheelbase: Adalah jarak antara roda depan dan roda belakang. Dalam tutorial ini, kami akan menggunakan tiga roda dalam setiap kasus. Mengapa? Karena berfungsi untuk sebagian besar jenis mobil.

3 Overhang: Ini adalah bagian dari bodi mobil yang melampaui roda di bagian depan dan belakang mobil.

4 Beltline: Ini adalah tinggi keseluruhan bagian tengah bodi mobil.

5 Roofline: Roofline  adalah tinggi total mobil.

Gambar Panduan Dasar Unsur-unsur Mobil
Panduan Dasar Unsur-unsur Mobil

SANGAT PENTING: Proporsi ini tidak tetap, BERBEDA DALAM SETIAP MOBIL DAN JENIS MOBIL, contoh-contoh ini hanya membantu menggambarkan kepada Anda semua ide tentang proporsi. Setelah memahami ide-ide ini Anda akan dapat menggambar mobil apa pun dengan menganalisis proporsi untuk kendaraan khusus itu.

Mobil Keluarga Empat Pintu
Berikut ini proporsi umum untuk mobil keluarga (depan menunjuk ke kiri) :

1 Ground clearance: Ini sekitar setengah roda tetapi bisa lebih rendah.

2 Wheelbase: Tentu saja tiga, tetapi karena ada banyak jenis mobil empat pintu, wheelbasenya bisa sangat panjang, hampir empat roda dalam beberapa kasus seperti di mobil mewah besar. Ini lebih dari mobil ukuran menengah.

3 Overhang: Berada di depan sekitar setengah roda dan di belakang bisa setengah hingga satu roda penuh tergantung pada ruang truk.

4 Beltline: Ini sekitar setengah roda.

5 Roof line/Atap: Satu setengah roda, tergantung pada jenis mobil. Jika itu empat pintu yang sporty, seperti Porsche Panamera, bisa lebih rendah dari itu.
proporsi umum untuk mobil keluarga sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Proporsi Umum Untuk Mobil Keluarga

Akhirnya, perhatikan garis vertikal biru muda di belakang roda depan. Dengan menggambar garis ini Anda dapat memiliki referensi ke tempat kaca depan dimulai, atau lebih tepatnya dasar untuk memulai. Tentu saja, itu berbeda untuk semua mobil tapi saya meletakkannya di sekitar sepertiga roda karena saya suka tampilan kap panjang tetapi Anda bisa memendekkannya.

Proporsi Truk Besar / SUV
Proporsi untuk truk pickup dan SUV sangat mirip. Bahkan, beberapa SUV berbagi platform dengan truk Pick-up.

1 Ground clearance: Tiga perempat roda.

2 Wheelbase: Tiga roda sudah cukup baik kecuali Anda menggambar jenis truk kabin (empat pintu adalah kabin besar)  dapat berkembang menjadi empat roda.

3 Overhang: Setengah roda di depan dan naik ke satu roda di belakang. Untuk SUV, overhang belakang tidak cukup panjang, mungkin tiga perempat paling banyak.

4 Beltline: Dua per tiga roda.

5 Roof line/Garis atap: Satu roda setengah tetapi bisa sedikit lebih jika Anda mau.

Proporsi Truk Besar / SUV sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Proporsi Truk Besar / SUV

Garis biru muda untuk kaca depan lebih dekat ke roda depan. Truk pickup tidak memiliki kap panjang (atau bonnet).

Proporsi Mobil Sport
1 Ground clearance: Karena mobil ini sangat pendek, ground clearancenya adalah minimal. Sekitar seperempat atau kurang. Sebenarnya, semakin rendah, semakin keren mobil terlihat.

2 Wheelbase: Dalam hal ini, panjang tiga roda ini cukup akurat untuk mobil sport rata-rata. Hanya ada sekelompok kecil mobil yang memiliki wheelbase lebih panjang, sebagian besar mobil-mobil super performa tinggi, seperti Venom GT.

3 Overhang: Dalam mobil sport, overhang depan biasanya lebih panjang. Sekitar satu roda. Overhang belakang pendek, sekitar setengah roda atau kurang. Tetapi lihatlah beberapa mobil, seperti Jag XJ220 atau Saleen S7 dan Anda akan melihat bahwa bagian belakang sangat, sangat panjang. Ini untuk mengakomodasi diffuser besar.

4 Beltline: This is about one-quarter of a wheel, more than that and the car looks very weird. Low belt lines look better in sports cars.

4 Beltline: Ini sekitar seperempat roda, lebih dari itu mobil terlihat sangat aneh. Beltline rendah terlihat lebih baik di mobil sport.

5 Roof line/Atap: Atap biasanya tidak lebih dari satu roda.

Proporsi Mobil Sport sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Proporsi Mobil Sport

Dalam hal ini, tidak ada garis kaca depan mobil. Karena kabin dalam mobil sport sangat maju dalam bodi, referensi terbaik adalah bagian atas roda depan. Jadi gambarlah kaca depan dari titik itu.

Itu semua adalah tentang proporsi pada dasarnya.

Tapi saya tahu apa yang Anda pikirkan: Hai! Kenapa truk pick-up hampir setinggi mobil keluarga ?!

Jawabannya adalah, tentu saja tidak. Kuncinya di sini adalah ukuran roda. Pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat hatchback kecil, dengan referensi berwarna hijau, dan di latar belakang, ada truk SUV pudar dengan referensi proporsinya.

Roda pada sebuah SUV sedikit lebih besar (kadang-kadang jauh lebih besar), Anda dapat melihat ini pada bagian belakang kedua mobil. Perbedaan ukuran roda ini membuat hatchback ternyata lebih kecil.

Proporsi Mobil SUV sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Proporsi Mobil SUV

Ini adalah hal yang sangat penting untuk diperhitungkan.

Bagaimana cara memperbanyak lingkaran

Mempelajari cara menggandakan lingkaran akan banyak membantu Anda!

Apa yang saya maksud dengan "menggandakan lingkaran"?

Maksudnya adalah cara menggambar dua atau lebih lingkaran dengan ukuran yang sama persis.

Ini akan menjadi sangat berguna ketika menggambar panduan proporsi, yang memiliki banyak lingkaran dengan ukuran yang sama.

Anda dapat menggambar semua lingkaran dengan tangan bebas (disarankan) atau menggunakan teknik ini:

Pertama, gambarlah sebuah lingkaran dan kemudian gambarlah persegi di sekitar lingkaran yang menyentuh tepiannya. Buat lingkaran menjadi sebundar yang Anda bisa karena yang dihasilkan dari penggandaan akan menjadi bulat ... atau tidak bulat.

Lingkaran dan Persegi sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Lingkaran dan Persegi

Sekarang gambar dua garis (diagonal) dari ujung ke ujung. Titik di mana kedua garis ini bertemu adalah titik pusat dari kedua persegi dan lingkaran. Perpanjang garis bawah dan atas juga.

Anda dapat menggunakan teknik ini untuk menemukan pusat atau bagian tengah dari bentuk simetris apa pun.

Teknik Penggandaan Lingkaran 1 sebagai Panduan DasarMenggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 1

Kita perlu menemukan titik tengah di sisi persegi. Kita akan melakukan ini dengan menggambar garis horizontal dari pusat ke samping. Panah menunjukkan bagian tengah sisi persegi.

Teknik Penggandaan Lingkaran 2 sebagai Panduan DasarMenggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 2

Gambar garis lain, sekarang dari sudut kiri atas melewati titik tengah sisi kanan (1) sampai ke garis bawah (2). Ini adalah garis yang benar-benar mempergandakan lingkaran (dan persegi).

Teknik Penggandaan Lingkaran 3 sebagai Panduan DasarMenggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 3

Setelah itu tarik garis lain, garis vertikal, pada titik di mana garis pengganda menyentuh bagian bawah. Ini membuat persegi lain dengan ukuran yang sama dengan yang pertama. Kita sekarang secara efektif melipatgandakan persegi dan dengan tambahan, lingkaran (roda).

Teknik Penggandaan Lingkaran 4 sebagai Panduan DasarMenggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 4

Gambarlah sebuah lingkaran di dalam kotak kedua. Ukurannya harus sama dengan yang pertama. Jika yang pertama tidak bulat maka yang kedua sama-sama tidak bulat. 

Teknik Penggandaan Lingkaran 5 sebagai Panduan DasarMenggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 5

Silakan mengerjakan lingkaran yang lain.

Kita sudah tahu di mana bagian tengah, jadi menggambar garis dari sudut kiri atas melewati titik tengah sisi kanan (1) sampai ke garis bawah (2).

Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 6

Kemudian gambar garis vertikal di mana garis sebelumnya bertemu  untuk membuat persegi lain dan menggambar lingkaran di dalam kotak.

Teknik Penggandaan Lingkaran 7 Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Teknik Penggandaan Lingkaran 7

Awalnya terlihat membosankan tetapi dengan latihan, akan menjadi mahir dan sangat cepat untuk melipatgandakan bentuk-bentuk ini.

Tip cepat: Gambarlah beberapa kotak menggunakan teknik ini dan kemudian lakukan latihan  menggambar lingkaran Anda di dalamnya. Ini membantu Anda menjadi lebih tepat.

Gambar mobil pada tampilan samping
Latihan ini adalah tentang proses akhir dari suatu pandangan samping. Kita sudah melalui proporsi umum, sekarang saatnya membuat gambar yang sebenarnya.

Kita akan menuju ke langkah-langkah di mana kita menggambar detail mobil karena ini adalah apa yang kita lakukan dalam tutorial ini dan saya yakin Anda memiliki banyak pengalaman dalam hal ini.

Latihan Tampilan Samping 1: Hatchback
Sebuah hatchback mobil sangat mirip dalam ukuran dan proporsi pada sedan empat pintu, lebih khusus dalam bentuk mobil pendek. Beberapa mobil pendek empat pintu memiliki versi hatchback, seperti Ford Focus.

Mulailah dengan menggambar panduan proporsi. Gambarlah referensi Anda dengan sangat ringan/tpis saja, atau jika Anda terbiasa dengan pensil gambar, gunakan yang keras.

Proporsi Tampilan Samping : Hatchback Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Proporsi Tampilan Samping : Hatchback 1

Sekarang gambarlah bentuk umum mobil.

Untuk hatchback, satu-satunya hal yang sangat berbeda adalah overhang belakang, yang mana  paling banyak setengah roda. Ini karena tidak ada stan atau bagasi.

Sekali lagi, gambarlah dengan sangat ringan/tipis.
Proporsi Tampilan Samping : Hatchback 2 Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Proporsi Tampilan Samping : Hatchback 2

Sekarang mari kita mulai mendefinisikan desain mobil, ini sangat mirip dengan tutorial pada umumnya.

Pertama roda dan bodinya.

Mobil bukan kotak persegi, jadi jangan ikuti bentuk proporsi yang tepat.

Mendefinisikan desain mobil Hatchback Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Mendefinisikan desain mobil Hatchback 1

Sekarang gambarlah kabin, jendela, dan pintu.

Mendefinisikan desain mobil Hatchback 2 Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Mendefinisikan desain mobil Hatchback 2

Di sinilah kita menuju langkah-langkah rinci, langsung ke gambar.

Gambarlah sebanyak mungkin detail yang Anda inginkan di mobil Anda.

Beri warna hitam area gelap seperti rumah roda dan bagian dalam pelek.

Mendefinisikan desain mobil Hatchback 3 Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Mendefinisikan desain mobil Hatchback 3

Jadi, dari panduan proporsi kita mendapatkan bentuk dasar mobil dan dari situ, kita mendapat desain khusus.

Terakhir, area gelap di bawah mobil dan di antara roda adalah bagian bawahnya dan roda di sisi yang lain. Tambahkan ini ke gambar Anda.

Lihatlah dengan melakukan hal ini akan memberi kesan 3D yang mendalam pada mobil dibandingkan dengan gambar sebelumnya, yang terlihat sangat datar.

Detail yang sangat sederhana yang membuat perbedaan besar pada tampilan gambar.

Mendefinisikan desain mobil Hatchback 4 Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Mendefinisikan desain mobil Hatchback 4

Latihan pandangan samping 2: Mobil Sport

Sekarang, mari gambarlah tampilan samping mobil sport.

Gambarlah panduan proporsi (sangat ringan) dan referensi ke info mobil sport sehingga Anda dapat membuat bentuk dasar.

Sebenarnya, cobalah buat ground clearance sangat pendek. Anda akan melihat betapa keren tampilannya.

Panduan proporsi Pandangan samping : Mobil Sport 1 Teknik Penggandaan Lingkaran 6 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil
Panduan proporsi Pandangan samping : Mobil Sport 1

Setelah Anda memiliki bentuk dasar Anda mulai menggambar roda dan sisi bodi bawah.

Ingat, jangan mengikuti bentuk dasar yang jelek dan membosankan.

Panduan proporsi Pandangan samping : Mobil Sport 2 sebagai Menggambar Mobil  (Panduan Dasar Langkah Demi Langkah Lengkap)
Panduan proporsi Pandangan samping : Mobil Sport 2

Sekarang gambarlah kabinnya.

Dalam hal ini sangat penting untuk tidak mengikuti bentuk dasar.

KECUALI BAHWA ANDA INGIN MELAKUKAN !!!

Sebagai contoh, dalam gambar ini, kabin sebenarnya sedikit di depan garis pedoman, tapi saya masih harus menggambar kaca depan.

Jadi jika saya harus mengikuti posisi yang tepat pada panduan, kabin akan terdorong kembali karena setelah kaca jendela samping bergerak ke depan dan ini juga akan terdorong kembali dan merusak sedikit tampilan kabin-tampak depan mobil sport.

Tapi itu hanya perkataan saya.

Itu Anda lakukan setelah menggambar semua. Mainkan dengan desain.

Panduan proporsi Pandangan samping : Mobil Sport 3 sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Panduan proporsi Pandangan samping : Mobil Sport 3

Gambarlah semua detail yang Anda inginkan. Ingatlah untuk menggambar bagian bawah dengan warna hitam untuk mendapatkan tampilan 3D.

Dan ini dia. Tampilan samping mobil sport yang baik.

Tampilan samping mobil sport yang baik sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Tampilan samping mobil sport yang baik

Catatan untuk tampilan samping
Catatan singkat ini adalah tentang garis pandang yang kita ikuti ketika melihat mobil dari samping.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa di samping gambar tampilan lampu depan atau lampu belakang tidak di tepi gambar, sebaliknya ada grill atau sesuatu seperti itu.

Itu karena mobil bukan kotak persegi. Ingat hal "tidak mengikuti bentuk dasar"?

Gambar di bawah mengilustrasikan tampilan mobil dari atas dan bidang visual kita.

Lihat bagaimana bagian depan dan belakang melengkung dan tidak rata. Oleh karena itu, lampu tidak membatasi gambar, grill, di depan dan elemen seperti pelat di belakang. Itu sebabnya kita masih melihatnya dari samping.

This is also why we draw the windshield and rear windows. They are also curved, not flat.
Ini juga mengapa kita menggambar kaca depan dan jendela belakang yang juga melengkung, tidak datar.

Dalam gambar, garis merah mewakili garis penglihatan yang salah dan garis-garis hijau mewakili garis yang benar.

Ilustrasi tampilan mobil dari atas sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Ilustrasi tampilan mobil dari atas

Merah, tepi gambar yang salah. Garis hijau adalah cara untuk mencapai yang kita maksud.

Ini mungkin tampak jelas bagi sebagian orang tetapi tidak semuanya sehingga akan salah jika tidak menyebutkannya.

 Contoh elemen detail Mobil sebagai Panduan Dasar Menggambar Mobil  (Langkah Demi Langkah Lengkap)
Contoh elemen detail Mobil

Yeaaaa.... Semoga tutorial Cara Menggambar Mobil (Panduan Langkah Demi Langkah Lengkap) ini bermanfaat.

Silakan menyimak pembahasan selanjutnya :
dan tutorial menggambar mobil menarik yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel