Pengertian, Tujuan, Jenis Ilustrasi Dan Aplikasi Ilustrasi Untuk Perancangan Buku

1. Pengertian Ilustrasi
Ilustrasi dalam bahasan Belanda (ilustratie) diartikan sebagai hiasan dengan gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas. Rata-rata penggunaan ilustrasi dalam buku dalam bentuk gambar kartun. Dalam definisi lain disebutkan kata ilustrasi bersumber dari kata (illusion)  Sebagai bentuk pengandaian yang terbentuk dalam pikiran manusia akibat banyak sebab.

Ilustrasi dapat tumbuh sebagai suatu ekspektasi dari ketidakmungkinan dan tak berbeda jauh dengan angan-angan bersifat maya atau virtual.  Ilustrasi dapat hadir dalam berbagai diverikasi.  Bisa melalui tulisan gambar maupun bunyi

Ilustrasi merupakan elemen yang dirasakan paling penting sebagai daya tarik dalam perancangan buku.  Ilustrasi akan membantu pembaca untuk berimajinasi sewaktu membaca buku ini, sehingga diharapkan agar pembaca seperti tidak merasa sedang membaca sebuah buku yang bertemakan sejarau. Kata ilustrasi bila dilihat dari bahasa Inggris illustration, memiliki arti gambar, foto, ataupun lukisan.

Gambar ilustrasi adalah gambar yang menceritakan atau memberikan penjelasan pada cerita atau naskah tertulis. Ilustrasi dalam perkembangan secara lebih lanjut ternyata tidak hanya berguna sebagai sarana pendukung cerita, tetapi dapat juga menghiasi ruangan kosong. Misalnya dalam majalah, koran, tabloid dan lain-lain. Ilustrasi bisa berbentuk macam-macam, seperti karya seni sketsa, lukis, grafis, karikatural dan akhir-akhir ini bahkan banyak dipakai image bitmap hingga karya foto.

2. Tujuan Penggunaan Ilustrasi
Tujuan pengunaan ilustrasi antara lain.
  • Ilustrasi digunakan untuk memperjelas pesan atau informasi yang disampaikan.
  • Ilustrasi dimaksudkan untuk memberi variasi pada bahan ajar sehingga menjadi lebih menarik, memotivasi, komunikatif dan lebih memudahkan yang membaca untuk memahami pesan.
  • Ilustrasi tersebut memudahkan pembaca untuk mengingat konsep atau gagasan yang disampaikan melalui ilustrasi.

Ilustrasi dapat juga menghemat penyajian sebab dengan ilustrasi dapat menyajikan suatu konsep yang rumit dan luas dalam ruang atau tempat yang terbatas. Tampilan susuatu yang sulit dijelaskan dengan kata-kata sebagai contohnya benda konkrit dan konsep visual, konsep spatial, hubunngan dan gerakan antar bagian pada mesin, serta perbandingan benda atau konsep. Menurut Putra dan Lakoro (2012:2) ilustrasi pada sebuah buku bertujuan untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut mudah difahami.

3. Jenis-jenis Ilustrasi
Menurut Soedarso (2014:566) berdsarkan penampilannya, gambar ilustrasi memiliki berbagai jenis, yaitu :
a. Gambar Ilustrasi Naturalis, yaitu gambar ilustrasi naturalis adalah gambar yang memiliki bentuk dan warna yang sama dengan kenyataan / realis yang ada di alam tanpa adanya pengurangan ataupun pemnambahan.

Gambar Contoh gambar ilustrasi naturali "Lukisan Monalisa"
Contoh gambar ilustrasi naturali "Lukisan Monalisa"

b. Gambar Ilustrasi Dekoratif adalah gambar yang berfungsi untuk menghiasi sesuatu dengan bentuk yang disederhanakan atau dilebih-lebihkan (dibuat gaya tertentu sebagai style).

Gambar Contoh gambar ilustrasi dekoratif
Contoh gambar ilustrasi dekoratif

c. Gambar Kartun adalah gambar yang memiliki bentuk-bentuk yang lucu atau memiliki ciri khas tertentu. Biasanya gambar kartun banyak menghiasi majalah anak-anak, komik dan cerita bergambar.

Contoh gambar ilustrasi kartun
Contoh gambar ilustrasi kartun

d. Gambar Karikatur adalah gambar kritikan atau sindiran yang dalam penggambarannya telah mengalami penyimpangan bentuk proporsi tubuh. Gambar ini banyak ditemukan di majalah atau koran.

Contoh gambar ilustrasi karikatur
Contoh gambar ilustrasi karikatur

e. Cerita bergambar (Cergam) adalah sejenis komik atau gambar yang diberi teks. Teknik menggambar cergam dibuat berdasarkan cerita dengan berbagai sudut pandang penggambaran yang menarik.

Contoh gambar ilustrasi karikatur
Contoh gambar ilustrasi karikatur

f. Ilustrasi buku pelajaran mempunyai fungi untuk menerangkan teks atau suatu keterangan peristiwa baik ilmiah maupun gambar bagian. Bentuknya bisa berupa foto, gambar natural, juga berbentuk bagan.

Contoh gambar ilustrasi buku pelajaran
Contoh gambar ilustrasi buku pelajaran

g. Ilustrasi khayalan adalah gambar hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif (khayal). Cara penggambaran seperti ini banyak ditemukan pada ilustrasi cerita, novel, roman dan komik.

Contoh gambar ilustrasi khayalan
Contoh gambar ilustrasi khayalan

Dilihat dari berbagai jenis ilustrasi yang disebutkan, maka tulisan ini termasuk menggunakan ilustrasi buku pelajaran yang bertujuan untuk menerangkan mengenai pengenalan buah-buahan.

4. Fungsi Ilustratif
Ilustratif memiliki beberapa fungsi dalam pembuatan buku. Adapun fungsi-fungsi  dari ilustratif adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Deskriptif : Fungsi deskriptif dari ilustrasi adalah menggantikan uraian tentang sesuatu secara verbal dan naratif dengan menggunakan kalimat panjang. Dengan ilustrasi dapat dimanfaatkan untuk melukiskan sehingga lebih cepat dan lebih mudah difahami.

2. Fungsi Ekspresif : Ilustrasi bisa memperlihatkan dan menyatakan sesuatu gagasan, maksud, perasaan, situasi atau konsep yang abstrak menjadi nyata secara tepat dan mengena sehingga mudah dipahami.

3. Fungsi Analitis atau Struktura : Struktura dapat menunjukkan rincian bagian demi bagian dari suatu benda atau sistem atau proses secara detail, sehingga mudah difahami.

4. Fungsi Kualitatif : Ilustrasi yang biasa digunakan antaran lain daftar atau tabel, grafik, kartun, foto, gambar, sketsa, skema dan simbol.

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI
1. Pengertian Perancangan Buku
Desain atau perancangan buku berarti rancangan isi, style, format, layout, urutan dari macam-macam buku. Komponen berarti bagian atau halaman dari buku, seperti catatan edisi, pengantar, indeks atau cover depan dan belakang.

Dalam desain buku, elemen adalah suatu yang dapat terjadi berulangkai dimana-mana seperti ilustrasi, daftar, header, footer, tabel dan lainnya.

Buku sebagai sebuah karya publikasi yang memiliki daya tarik tersendiri dari bentuk fisiknya. Buku memiliki format yang mampu menarik perhatian orang untuk membaca. Buku di dalamnya terdapat komponen umum seperti isi, format, gaya dan urutan dari komponen tersebut. Buku berdasarkan fisik dan substansinya terdiri dari 3 bagian yang perlu diperhatikan dalam perancangan buku sebagai berikut :

1. Jaket. Jaket merupakan kulit luar yang berfungsi melindungi cover buku supaya tidak cepat rusak dan kotor, namun tidak setiap buku menggunakan jaket.

Gambar Jaket Buku
Gambar Jaket Buku

2. Cover : Terdiri dari 2 bagian yaitu bagian depan dan belakang, bahkan buku yang tebal memiliki bagian punggung. Cover merupakan bagian yang dilindungi ileh jaket di atas dan juga melindungi bagian dalamnya (bookblock).

Gambar Cover Buku
Gambar Cover Buku

Pada cover bagian depan terdapat informasi sebagai berikut :
a. Judul buku
  • Nama penerbit atau perusahaan
  • Logo penerbit atau perusahaan
  • Simbol trademark
  • Nomor ISBN
  • Slogan produk

Pada cover belakang terdapat informasi berikut :
  • Nama penerbit atau perusahaan dengan logo atau trademark
  • Petunjuk penggunaan sederhana
  • Keterangan yang menyatakan untuk negara mana buku dicetak
  • Keterangan singkat tentang penulis
  • Nomor ISBN
  • Barcode

3. Kata Pengantar. Adalah halaman yang biasanya ditulis oleh pengarang atau seseorang untuk pengarang. Halaman pengantara seperti halaman-halaman lainnya diletakkan pada halaman sebelah kanan atau halaman ganjil.

4. Daftar Isi. Adalah halaman berisi informasi mengenai urutan bagian buku berikut angka halamannya.

2. Faktor yang menentukan Buku Ilustrasi
Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas buku ilustrasi. Dalam pembuatan buku illustrasi sangat perlu memperhatikan hal-hal berikut :
  • Ukuran kertas naskah
  • Spasi barisan ketik
  • Ukuran huruf
  • Pola ketikan
  • Pola layout buku yang akan dibuat

3. Indikator-indikator membuat buku ilustrasi
Ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku ilustrasi. Secara garis besar indikator-indikator tersebut menentukan kualitas dari desain ilustrasi buku adalah sebagai berikut :

1. Cover
Dalam pembuatan buku referensi superhero Indonesia, dipilih ukuran A4 dengan ukuran 210 mm X 297 mm dengan posisi buku horizontal. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan ukuran tersebut memudahkan penyusunan informasi yang disajikan dalam buku karena adanya perbandingan penempatan yang 60 untuk gambar visual karakter dan 40 untuk informasi atau teks. Pertimbangan lainnya dengan menggunakan ukuran tersebut ialah perbandingan legibility dalam buku in diutamakan, sehingga menghindari kebosanan ketika membaca.

2. Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dipilih karena bahasa ini merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia. Pemilihan bahasa Indonesia dapat dinikmati oleh masyarakat nasional dan gaya bahasa yang digunakan disesuaikan untuk menjelaskan kepada anak-anak, sehingga anak-anak dapat dengan mudah mencerna cerita yang disampaikan. Dengan perancangan menggunakan bahasa Indonesia dapat memberikan kontribusi sebagagai pengenalan bahasan Indonesia untuk wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

3. Gambar
Dengan gambar memudahkan pembaca untuk memahami ilustrasi cerita. KOnsep gambar yaitu mudah dilihat, menarik perhatian dan memudahkan audiens mengenai letak yang dituju.

4. Warna
Warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon orang, karena warna adalah hal pertama yang dilihat oleh seseorang. Setiap warna memiliki kesan, makna dan psikolodi yang berbeda-beda.

5. Tipografi
Font yang dipergunakan dalam perancangan buku cerita Bawang Putih dan Bawang Merah adalah jenis font sans serif. Pemilihan jenis font tersebut berdasarkan pertimbangan sans serif memiliki ketebalan dan ketipisan yang menjadikan kontras pada setiap huruf. Kesan   yang ditimbulkan adalah klasik, tegas, dan kuat. Keuntungan jenis font tersebut memiliki legalibility dan readibility serta fleksibel untuk semua media.

Demikian pembahasan tentang Pengertian, Tujuan, Jenis Ilustrasi Dan Aplikasi Ilustrasi Untuk Perancangan Buku, semoga bermanfaat.

Silakan menyimak pembahasan menarik yang lainnya.
Dan tema menarik lainnya pada blog ini. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel